Google Chromebook Pixel: Andalkan Desain Premium dan Layar Sentuh Resolusi Tinggi

Raksasa mesin pencari Google, pada akhirnya membuktikan keseriusannya menggarap laptop besutan mereka Google Chromebook. Dan tidak main-main, Google Chromebook terbarunya kali ini sangat istimewa.

google chrome pixel-1

Google Chromebook Pixel, itulah nama yang dipilih Google untuk produk Chromebook terbarunya ini. Google menawarkan sinergi sempurna antara hardware dan Google Chrome OS yang diwujudkan dalam wujud desain yang sangat berkelas. Mari kita telusuri satu persatu keistimewaan chromebook ini.

Pertama adalah bagian layar. Sejak Apple muncul dengan konsep layar Retina Display pada Macbook mereka, seluruh produsen seakan terdiam dan belum mengambil langkah untuk menghadirkan laptop dengan layar beresolusi tinggi. Dan bagi Google inilah saat yang tepat untuk beraksi. Google Chromebook Pixel dihadirkan dengan layar sentuh berukuran 12.85-inci yang memiliki resolusi tinggi 2560×1700 pixel. Ini berarti layarnya memiliki tingkat kerapatan pixel yang sangat tinggi yaitu 239ppi (pixel per inch) dan mengungguli Retina Display di notebook Apple yang hanya 227ppi. Layarnya juga hadir dengan aspek ratio 3:2 yang diklaim lebih nyaman di mata. Tingkat kecerahannya juga sangat tinggi, mencapai 400-nits, yang dijamin tetap terlihat jelas di segala kondisi pencahayaan, di dalam atau luar ruangan. Layar sentuh Pixel dirancang agar amat responsif dan setara dengan pengalaman menggunakan layar sentuh di ponsel Android kelas atas.

svg%3E

Kedua adalah hardware atau jeroan yang ada di dalamnya. Google Chromebook Pixel ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 1.8GHz generasi ketiga, kartu grafis Intel HD 4000, RAM DDR3 4GB dan ruang penyimpanan bermodel SSD yang tersedia dalam pilihan kapasitas 32GB (versi Wi-Fi) dan 64GB (versi LTE). Jika kurang, Anda juga tidak perlu khawatir karena Google juga telah melengkapinya dengan layanan komputasi awan Google Drive sebesar 1TB selama 3 tahun.

Ketiga adalah desainnya. Chromebook Pixel dirancang dengan konsep yang minimalis. Kemasan bodinya terbuat dari anodized alumunium yang mirip dengan Macbook Pro, tanpa satu pun terlihat adanya sekrup yang muncul di permukaan bodinya.

Untuk menghasilkan suara, sepasang stereo speaker ditanam tepat di balik backlit keyboard yang dapat menyala dalam gelap. Dan untuk menunjang kegiatan komunikasi Anda, Chromebook Pixel telah dilengkapi dengan sebuah webcam HD 720p serta 3 buah mic yang dapat mengisolasi suara di lingkungan sekitar. Walau tampilannya minimalis, Chromebook pixel tetap mengemas sejumlah port konektivitas. Diantaranya USB port 2.0, Mini DisplayPort, slot kartu memori SD, kombinasi headphone-microphone jack, dan tersedia opsi pilihan Wi-Fi dan LTE.

Dari segi desain dan spesifikasi, Chromebook Pixel memang amat menggoda. Namun sistem operasi Chrome masih belum populer, walaupun sudah semakin baik. Ketergantungan pada koneksi Internet sepertinya masih menjadi masalah utama. Nah, bagi yang berminat dan ingin mencoba sesuatu yang baru, Google Chromebook Pixel telah dijual di Amerika lewat Google Play dengan harga US$1299 untuk versi Wi-Fi dan US$1449 untuk yang versi LTE. Berani mencoba?