Sharing Session Qualcomm, Cross Mobile & XL: Kolaborasi Migrasi Jaringan 2G ke 3G

Meski di luar negeri masyarakat pengguna jaringan seluler sudah dimanjakan dengan kecepatan jaringan 4G, rupanya di Indonesia masih banyak konsumen yang masih menggunakan ponsel dan jaringan 2G.

cross xl qualcomm

Qualcomm, yang sudah kita kenal sebagai salah satu produsen prosesor terkemuka, melakukan kolaborasi bersama operator ketiga terbesar tanah air, XL, serta vendor ponsel lokal nomor satu di Indonesia dengan angka penjualan sangat tinggi, Cross Mobile, dalam menyediakan akses ke teknologi 3G agar semakin memasyarakat.

Hal ini didasarkan pada data bahwa adanya peningkatan pembagian jaringan 3G dan/atau 3.5G dari angka 21% pada tahun 2011 menjadi 23% pada 2012 lalu, sementara jaringan CDMA mengalami penurunan dari 5.7% menjadi 2.3%. Di sisi lain, pengguna internet di Indonesia berasal dari usia rerata 15 sampai 35 tahun, dengan akses dari smartphone mencapai 65.7%.

Ben Siagian, Senior Director & Country Manager Qualcomm Indonesia
Ben Siagian, Senior Director & Country Manager Qualcomm Indonesia

Ben Siagian, Senior Director & Country Manager Qualcomm Indonesia, menjelaskan hal tersebut pada acara yang berlangsung di Mal fX Sudirman, Jakarta, hari ini (22/2).

svg%3E

”Kami bersama Cross Mobile dan XL akan melakukan soft selling bersama ke berbagai daerah kepada konsumen yang ingin membeli smartphone, untuk membeli smartphone yang sudah mendukung jaringan 3G agar mendapat manfaat maksimal dari perangkat dan layanan operator.”

Kerja sama antara Qualcomm dengan Cross Mobile meliputi penggunaan prosesor Qualcomm berbasis 3G yang akan digunakan pada smartphone Cross, baik yang sudah beredar maupun yang akan datang. Sementara XL sebagai operator akan mengakomodasi pengguna smartphone Cross dengan jaringan cepat Hot Rod 3G yang sedang gencar dikampanyekan sejak beberapa tahun lalu.

Janto Djojo, Marketing Director Cross Mobile
Janto Djojo, Marketing Director Cross Mobile

Meski memiliki smartphone berbasis 3G yang jauh lebih cepat ketimbang 2G, namun Cross tetap akan bermain di pasar kelas menengah dengan harga di bawah Rp2,5 jutaan. Hal ini disampaikan oleh Janto Djojo, Marketing Director Cross Mobile yang sejalan dengan data bahwa smartphone dengan harga jual rerata Rp2,2 juta menyumbang lebih dari 54% dari total pasar smartphone di tahun lalu. Angka tersebut mengalami peningkatan 11% dari tahun 2011.

Selfie Seto, General Marketing Product Acquisition XL Axiata
Selfie Seto, General Marketing Product Acquisition XL Axiata

Juga, bagi XL, menyediakan jaringan cepat 3G berkualitas baik dengan harga terjangkau adalah prioritas. Selfie Seto, General Marketing Product Acquisition XL Axiata, menyampaikan hal tersebut dengan tujuan demi memuaskan pengguna XL yang aktif menggunakan layanan data mereka. Karena itu, kolaborasi yang baik antara produsen prosesor, vendor dan operator yang terjalin tahun ini dapat diserap dengan baik bagi masyarakat Indonesia.

Verified by MonsterInsights