BlackBerry Q10 & Z10: Duo Smartphone BlackBerry OS10 yang Beda Konsep

Jika pada akhir Januari lalu kita telah membahas sistem operasi terbaru BlackBerry, yakni BlackBerry OS 10, maka kali ini kita akan mengenal lebih jauh dua perangkat terbaru yang menggunakan sistem tersebut.

bb Q10

Seri Q10 merupakan smartphone QWERTY BlackBerry 10 pertama yang sangat khas BlackBerry. Mungkin yang terlihat berbeda dan membuatnya terasa lebih modern adalah layar yang diusung lebih luas, yakni 3.1 inci. Layarnya tersebut menggunakan teknologi AMOLED dengan resolusi 720×720 piksel yang cukup membuatnya terlihat tajam.

Di sisi prosesor, BlackBerry masih mengandalkan dual core dengan kecepatan 1.5GHz, namun dukungan RAM sebesar 2GB serta memori internal hingga 16GB mampu menopang kinerja sistem operasi baru tersebut. Sementara di sektor multimedia, bekal kamera 8MP milik Q10 mampu digunakan untuk merekam video hingga maksimum resolusi FHD 1080p.

Sementara di sisi depan, BlackBerry telah membekali kamera 2MP dengan kemampuan pembesaran digital (zoom) hingga 3x, serta merekam video HD 720p. Sangat ideal baik untuk keperluan video chat (di mana BB 10 OS sudah mendukung Skype) maupun sekedar bernarsis ria. Bulan April dipilih sebagai waktu kedatangan Q10 di AS, dan belum ada informasi lebih lanjut kapan hadir di Indonesia.

Berikutnya adalah BlackBerry Z10 yang nampak segar karena “keluar dari platform” BlackBerry biasanya. Seri ini menanggalkan keyboard QWERTY fisik dan hanya mengandalkan layar sentuh seluas 4.2 inci dengan resolusi yang jauh lebih besar, yakni HD 1280×768 piksel.

“Jeroan” Z10 mirip dengan saudaranya, yakni prosesor dual core 1.5GHz dengan RAM 2GB serta memori internal 16GB. Demikian pula di sektor multimedia, di mana kamera yang disematkan adalah resolusi 8MP di belakang dan 2MP di depan plus dengan kemampuan rekam video yang setara.

bb Z10

Bisa dikatakan, antara Q10 dengan Z10 hanya soal selera. Anda yang jatuh cinta sejak pertama kali dengan keyboard fisik BlackBerry yang nyaman digunakan, dapat memilih Q10. Sementara pengguna smartphone layar sentuh yang mungkin ingin diraih BlackBerry, akan “diarahkan” ke Z10 yang memiliki ketipisan hanya 9mm tersebut.

Meski belum ada informasi mengenai ketersediaanya, juga seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada kemungkinan Q10 akan hadir lebih dulu ketimbang Z10 – meski bisa juga datang berbarengan atau malah Z10 lebih dulu. Ini didasarkan bahwa BlackBerry Q10 adalah seri yang pertama kali “nampang” di laman resmi BlackBerry Indonesia.

Jadi, jika keduanya sudah tersedia, mana yang akan Anda pilih?

Verified by MonsterInsights