Review: Sony NEX-6

Di ranah kamera mirrorless atau CSC (Compact Sytem Camera), Sony NEX-7 merupakan salah satu kamera CSC yang paling canggih. Pasalnya, Sony NEX-7 telah memiliki fitur yang setara dengan kamera DSLR seperti misalnya resolusi megapixel yang besar, fitur burst shoot yang cepat, dan lubang intip elektronik yang tidak dapat ditemukan di kamera CSC kebanyakan saat ini. Sayangnya, harga NEX-7 tergolong premium dan setara dengan DSLR kelas menengah seperti Canon EOS 7D dan Nikon D7000. Sebagai alternatifnya, kini Sony menghadirkan Sony NEX-6 yang telah mengusung beberapa fitur canggih yang ada di Sony NEX-7 namun dengan banderol harga lebih murah.

Konsep dan desain
Dari segi bodi, Sony NEX-6 membawa konsep desain yang cukup mirip dengan NEX-7. Saat kami coba, NEX-6 amat ergonomis di genggaman tangan saat memotret. Ini berkat bagian hand-grip yang cukup besar dan permukaannya berbahan karet yang tidak licin di tangan.

Sony-NEX-6_front

Untuk membantu Anda memotret di kondisi temaram, Sony NEX-6 telah dilengkapi dengan flash terintegrasi. Sony juga menyediakan slot hotshoe flash di bagian atasnya yang berguna untuk menggunakan flash external. Di bagian atasnya ini Anda juga akan menemukan tombol putar mirip kamera DSLR untuk pemilihan mode pengambilan gambar (P/S/A/M). Namun tombol putar ini digabung dengan tombol putar control dial yang berada di bagian bawahnya.

sony-nex6-3

Penempatan tombol putar control dial menjadi satu ini ternyata sangat efektif untuk mempercepat pengaturan kamera. Anda dapat mengatur eksposur, ISO, White balance dan pengaturan lainnya dengan lebih cepat menggunakan jari jempol. Walau mempermudah namun tetap saja bagi para pengguna kamera DSLR yang terbiasa dengan tombol putar control dial yang berada di hand grip dan melakukan pengaturan dengan jari telunjuk tetap membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan tombol control dial yang diusung Sony NEX-6 ini. Sedangkan di bagian hand gripnya kini hadir sebuah tombol Fn (Function) seperti kamera DSLR yang berguna untuk menyimpan pengaturan kamera.

sony-nex6-8

Sama seperti Sony NEX-7, Sony NEX-6 juga dilengkapi dengan lubang intip elektronik. Lubang intip yang dimilikinya ini sama persis seperti yang digunakan Sony NEX-7 yaitu lubang intip elektronik berteknologi XGA OLED Tru finder resolusi tinggi yang dapat menampilkan visual subjek bidikan Anda dengan sangat baik dan jelas. Pada bagian belakangnya ini juga terdapat sebuah layar LCD 3 inci yang dapat dimiringkan. Jadi Anda dapat melipat layarnya ke bawah atau ke atas untuk memudahkan pengambilan gambar dari berbagai sudut. Performa layarnya sendiri sangat baik, dengan tampilan hasil bidikan yang cukup jelas di dalam atau luar ruangan saat siang hari.

Fitur
Sony NEX-6 mewarisi beberapa fitur canggih yang ada di kamera Sony NEX-series generasi sebelumnya. Di NEX-6, Anda akan menemukan fitur pembantu seperti opsi bantuan bidik dengan Smile Shutter dan Face detection untuk mengambil foto berdasarkan wajah dan senyuman, fitur Soft Skin Effect untuk hasil foto yang lebih baik pada foto portrait dengan hasil kulit yang lebih halus dan terlihat lebih cerah, Scene Selection, Superior Auto untuk mode pengambilan gambar otomatis yang lebih baik, dan Anti Motion blur yang berguna menghasilkan foto yang tajam dan bebas blur.

Pengaturan hasil foto juga berlanjut dengan kehadiran mode Creative Style yang terdiri dari 6 pilihan opsi yaitu standard, vivid, portrait, landscape, sunset, dan B&W. Selain itu tersedia juga mode Picture effect yang dapat memberikan efek menarik di foto. NEX-6 menawarkan 15 opsi efek filter yang terdiri dari Portrait, Color, Posterization, Toy Camera, High Contrast Monochrome, HDR Painting, dan sebagainya. Pada NEX-6 ini, Anda juga masih dapat menikmati beberapa fitur inovatif dari Sony seperti misalnya Auto Portrait Framing (pemotongan foto secara otomatis pada subyek manusia) dan Clear Image Zoom.

sony-nex6-7

Bagi yang telah terbiasa dengan kamera Sony, Anda juga tidak perlu khawatir karena Sony nyaris tidak merubah tampilan mode menu dari Sony NEX-6 ini. Untuk semakin mempermudah Anda, Sony kini juga menghadirkan Quick Navi Display yang langsung dapat menampilkan beragam opsi pengaturan dalam satu layar.

Meski tampilan menunya tidak berubah namun kini hadir satu fitur baru yaitu Wi-Fi. Dengan Wi-Fi, Sony NEX-6 dapat dihubungkan degan perangkat lain seperti laptop dan smartphone untuk mempercepat pemindahan hasil foto atau dapat juga langsung digunakan untuk mengunggah hasil bidikan ke situs jejaring sosial seperti Facebook. Sayangnya memasukkan teks cukup sulit dan terbatas menggunakan tombol 4 arah di bagian belakang.

Pengaturan Wireless dari Sony-NEX 6 juga sangat mudah digunakan. Waktu terhubung dengan hotspot, Wi-Finya pun termasuk cepat dibandingkan dengan kamera berfitur Wi-Fi lain yang kadang masih harus menunggu waktu cukup lama untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Untuk memindahkan hasil bidikan dari kamera Sony NEX-6 ke perangkat smartphone Android, Anda memerlukan aplikasi Sony PlayMemories Mobile yang dapat diunduh gratis di Google PlayStore.

Performa
Sony NEX-6 hadir dengan sensor APS-C EXMOR HD CMOS beresolusi 16.1 megapixel. Selain menghasilkan foto 16 megapixel yang dapat dicetak cukup besar, Anda juga dapat merekam video pada format full HD 1080p. Untuk paket dengan lensa, NEX-6 dilengkapi lensa E-Mount terbaru yaitu Sony E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS. Lensa terbaru ini memiliki sudut pengambilan gambar yang lebih lebar dari lensa standar 18-55mm yang biasa hadir pada kamera Sony NEX-Series sebelumnya sehingga membuat foto landscape menjadi lebih mengasyikkan.

Dengan lensa bawaannya ini, Sony NEX-6 dapat menghasilkan hasil foto yang sangat tajam dengan tingkat akurasi dan kontras warna yang sangat baik di kelasnya. Ketika diuji di kondisi siang hari yang terik, kamera ini pun sanggup menangkap Dynamic range dengan sangat baik. Daerah gelap terang pada hasil bidikan dapat terekam dengan sangat akurat dan sempurna nyaris menyamai hasil bidikan dari sebuah kamera DSLR. Tentunya hasil ini juga ditunjang oleh performa metering dan exposure NEX-6 yang prima.

_DSC9054
_DSC9088
_DSC9080
_DSC9079
_DSC9068

Untuk performa ISO, tidak terlihat ada peningkatan yang cukup signifikan antara NEX-6 dan NEX-5N yang sebelumnya pernah kami review. Mulai setting ISO 6400, noise sudah mulai muncul namun tanpa terlalu merusak detail hasil foto. Sedangkan pada ISO 25600, penurunan ketajaman dan warna jelas terlihat dan hanya dianjurkan dipakai saat kondisi darurat.

ISO Test 6400
ISO 6400

Kamera ini juga handal digunakan untuk menangkap momen yang cepat karena memiliki kemampuan burst mode dengan kecepatan 10 fps. Kemampuan burst modenya ditunjang dengan teknologi Fast hybrid AF yang diusungnya. Teknologi ini memanfaatkan 99 titik AF di sensor gambar untuk mendeteksi jarak subjek dan dengan cepat mengunci fokusnya. Saat diuji, kami juga merasakan bahwa kecepatan fokus Sony NEX-6 ada di atas rata-rata kamera CSC sekelasnya, baik di kondisi pencahayaan yang terang maupun kurang ideal.

Flash internal Sony NEX-6 hadir dengan leher yang fleksibel, sehingga Anda dapat mengarahkan flash sampai 90 derajat. Hasilnya, flash dapat bertugas dengan sempurna melakukan pengisian cahaya yang baik dan menghasilkan pencahayaan yang lebih alami. Berikut hasil foto penggunaan flash yang dipantulkan ke atas dalam mode auto.

Test Fill In Flash
Flash Test

sony-nex6-6

Untuk hasil foto yang lain dapat Anda lihat pada galeri di link ini.

Kesimpulan

Fitur yang lengkap, dukungan konektivitas Wi-Fi yang semakin mempermudah penggunanya serta kemampuannya menghasilkan foto yang sangat baik membuat Sony NEX-6 unggul dari kamera CSC sekelasnya saat ini. Walau banderol harganya yang sekitar Rp9.725.000 (termasuk lensa 16-50mm) tidak berbeda jauh dengan kamera DSLR kelas menengah lain seperti Canon EOS 60D dan Nikon D5200, tapi kamera CSC ini tetap dapat diandalkan bagi Anda yang membutuhkan kamera mungil canggih dengan lensa yang dapat ditukar. NEX-6 juga cocok bagi Anda yang gemar liburan dan ingin membawa pulang foto dan video terbaik dengan kamera berukuran ringkas.

Yang Canggih
+ Performa autofokus sangat cepat
+ Dynamic Range sangat baik untuk kelasnya
+ Hasil foto tajam dengan reproduksi warna yang amat baik
+ Flash dapat diarahkan, walau terbatas sudutnya
+ Performa di ISO tinggi cukup baik
+ Lensa bawaan cukup berkualitas
+ Desain ergonomis

Yang Kurang
– Harganya mirip dengan kamera DSLR kelas menengah
– Interface untuk Wi-Fi masih kurang ideal

Verified by MonsterInsights