Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetNews

[CES 2013] Lego Mindstorms EV3: Platform Robot Dengan Dukungan Android & iOS

 

LEGO_MINSTORMS_EV3_Intelligent_Brick

Robot versi terbaru ini mengandalkan prosesor ARM9, memori flash 16MB dan RAM 64MB serta slot SD card. Ini peningkatan yang cukup baik dibandingkan versi terdahulu yang mengusung prosesor ARM7 dan tanpa opsi untuk menambah memori eksternal. Sedangkan jumlah “bata” dengan sensor yang dapat dihubungkan kini menjadi empat “bata”. Unit EV3 yang memuat prosesor ini juga telah dilengkapi sensor sentuh, motor dan sensor infrared. Dengan bantuan sensor tersebut, robot LEGO akan dapat memberi respons sesuai perintah. Misalnya, robot Reptar akan melakukan gerakan menggigit jika EV3 mendeteksi tangan Anda berada di depannya. Saat ini, ada 17 desain robot yang bisa Anda bangun. Selanjutnya jumlah tersebut akan meningkat.

Di sisi software, LEGO bekerjasama dengan Autodesk untuk menghadirkan aplikasi instruksi 3D sehingga pengguna dapat memutar dan memperbesar instruksi pembangunan. Selain itu, Anda bisa mengendalikan EV3 dari iPhone, iPad atau perangkat Android, menggunakan koneksi Bluetooth yang sudah ada di dalamnya.

Mindstorms EV3 ditujukan bagi anak-anak usia 10 tahun ke atas, walaupun kecanggihannya juga akan menarik para orang tua untuk membangun robotnya sendiri. Rencananya LEGO baru akan memasarkan Mindstorms EV3 di pertengahan tahun dengan harga US$349.

Back to top button