NewsOperatorXL

Dua Layanan M2M Baru dari XL: Personal Tracker dan Pencatat Meteran Otomatis

Layanan machine to machine atau M2M semakin inovatif dan dikenal di masyarakat. Bagi yang masih asing dengan istilah tersebut, M2M merupakan layanan komunikasi antar perangkat elektronik yang tidak membutuhkan campur tangan manusia. XL kini menambah dua layanan M2M baru yaitu AMR (Automated Meter Reading) dan Personal Tracker atau XLacak.Untuk layanan AMR, XL bekerjasama dengan EDMI. Sementara untuk XLacak, XL bekerjasama dengan Asia Quattro Net.

xl m2m launch
AMR sebenarnya sudah cukup banyak digunakan di Indonesia. Alat ini biasa dipasang pada meteran listrik, air dan gas sehingga penggunaan dapat dicatat secara otomatis. Keuntungannya, pengendalian jumlah pemakaian listrik dan ketepatan pencatatan dapat dilakukan dengan lebih akurat.

Sedangkan Personal Tracker adalah perangkat GPS yang hadir dalam berbagai bentuk, seperti jam tangan, kartu identitas atau telepon mini. Dengan layanan ini, alat-alat tersebut akan dapat mengirimkan informasi lokasi ke perangkat lain yang sudah diatur. Contoh aplikasinya, Anda bisa membekali anak-anak atau orang tua dengan alat Personal Tracker ini sehingga jika ada keadaan darurat mereka dapat menekan tombol khusus yang lalu akan mengirimkan koordinat lokasi si pembawa alat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberi batasan lokasi. Jadi jika pembawa alat keluar dari cakupan lokasi yang telah ditentukan, alat ini akan memberikan peringatan kepada Anda. Fitur ini tentunya juga dapat dimanfaatkan bagi pelaku bisnis yang memiliki kebutuhan untuk memantau mobilitas pegawainya.

Layanan ini nantinya baru tersedia mulai bulan Januari 2013.Jika berminat, Anda bisa mendapatkan produk ini di seluruh Xperience Center (Xplor), XL Center dan outlet XL yang ditunjuk.

Satu komentar

Back to top button