[Preview] TV LCD 4K Pertama di Indonesia; Sony Bravia XBR-84X900

svg%3E

Setelah pertama kali dipamerkan pada ajan IFA 2012, dalam waktu yang cukup singkat PT Sony Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran TV LCD Sony Bravia 4K XBR-84X900 di Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2012.

TV LCD Bravia 4K ini hadir dalam ukuran yang sangat besar yaitu 84-inci. Selain menawarkan kualitas gambar definisi tinggi, TV ini juga hadir dengan serangkaian teknologi terkini seperti dilengkapi chip 4K X-Reality Engine PRO, dukungan teknologi 3D pasif, 10 unit live speaker, dan mendukung penuh sistem Playstation 3 yang dilengkapi dengan fitur PlayMemories. Untuk lebih lengkapnya mengenai TV Sony Bravia 4K XBR-84X900 dapat Anda lihat di sini.

Preview Sony Bravia 4K XBR-84X900
Semenjak artikel Sony Bravia 4K XBR-84X900 kami tulis pada bulan Agustus lalu, memang banyak timbul rasa penasaran akan TV canggih ini. Oleh karena itu kami tidak melewatkan kesempatan untuk melihat lebih dekat produk TV teranyar dari Sony ini.

Secara kemasan ukuran 84-inci memang bukan ukuran yang biasa untuk sebuah TV LCD. Anda memerlukan ruangan yang relatif besar untuk menempatkannya. Ukuran panel yang besar dan resolusi tinggi yang dimilikinya membuat Sony Bravia 4K XBR-84X900 dapat dinikmati dengan jarak pandang yang cukup jauh karena memang akan lebih nyaman di mata.

svg%3E

Big is Beautiful. Begitulah impresi pertama kami melihat kualitas gambar yang ditawarkan Sony Bravia 4K XBR-84X900. Untuk mengujinya tidak tanggung-tanggung, Sony langsung membandingkannya dengan TV LCD Sony Bravia yang berukuran 64-inci beresolusi Full HD 1920x1080p.

Untuk pertama kali kami diperlihatkan video musik Blu-Ray live performance dari Michael Bubble yang diputar langsung di kedua TV ini. Hasilnya sungguh luar biasa. Sony Bravia 4K XBR-84X900 dapat melakukan up-scale (peningkatan resolusi) konten video Full HD ke resolusi 4K (3840 x 2160 pixel) dengan sangat sempurna.

svg%3E

Ketajaman gambar yang dihasilkannya sangat baik, warna dan kontrasnya pun juga sangat terlihat lebih natural dan akurat meski dilihat dari berbagai sudut. Tidak ketinggalan, tata suaranya juga sangat apik. Tanpa perlu menggunakan sistem audio tambahan, tata suara surround 5.1 channel dapat Anda rasakan hanya melalui kedua speaker yang menempel di kiri-kanan panel layar.

Untuk melihat lebih jelas perbandingan ketajaman antara Sony Bravia 4K XBR-84X900 dengan TV LCD Sony berukuran 64-inci beresolusi Full HD dapat dilihat pada foto dibawah ini yang diambil pada mode macro.

svg%3E
Pada Sony Bravia 4K XBR-84X900, tulisan terlihat sangat jelas dan tajam ini semua berkat resolusinya yang tinggi dengan jumlah pixel yang lebih banyak.
svg%3E
Dengan jarak pengambilan foto yang sama, tulisan pada layar LCD TV Sony berukuran 64-inci yang beresolusi Full HD tidak terlihat jelas.

Menikmati konten 3D pada Sony Bravia 4K XBR-84X900 juga lebih mengasyikkan. Dan untunglah Sony telah melengkapinya dengan teknologi 3D pasif yang memang lebih nyaman dipandang dan tidak melelahkakan mata. Lalu bagaimana jika digunakan untuk bermain game?

svg%3E

Dengan Sony Bravia 4K XBR-84X900 Anda dapat bermain game PS3 baik pada format 2D atau 3D. Tapi yang membuat kami berdecak kagum adalah ketika bermain game pada format 3D dengan 2 pemain.

Biasanya ketika bermain game dengan 2 pemain, layar akan terbagi menjadi dua (split screen) baik itu secara vertikal atau horizontal. Nah dengan Sony Bravia 4K XBR-84X900 kini sudah tidak lagi. Pasalnya ketika bermain pada format 3D dalam mode 2 pemain ini, pemain pertama dan pemain kedua dapat melihat visual 3D masing-masing pada panel layarnya secara penuh tanpa ada pembagian layar.

Inilah yang dinamakan dengan teknologi SimulView. Namun sayang, teknologi SimulView ini hanya dapat dinikmati pada game yang memang mendukung SimulView. Jadi tidak semua game dapat dimainkan dan dinikmati dengan SimulView. Dan sebagai tambahan, teknologi SimulView ini juga harus dimainkan dengan kacamata 3D khusus. Anda tidak dapat menikmatinya dengan kacamata 3D biasa. Oleh karena itu, Anda harus merogoh kocek ekstra untuk membeli kacamata 3D Simulview yang dijual terpisah.

Apakah Anda penasaran dengan harganya? Dengan seluruh kecanggihan yang dimiliki Sony Bravia 4K XBR-84X900, PT Sony Indonesia membanderolnya dengan harga Rp 300.000.000 dan mulai dipasarkan pada bulan November 2012 dengan sistem pre-order.

Verified by MonsterInsights