Review Smartfren andro tab 7.0 (Skyworth S7)

svg%3E

Selain membanjiri pasar dengan modem dan feature-phone, operator CDMA tanah air yang populer dengan teknologi Rev.B Phase 2, Smartfren, juga makin pede dalam meluncurkan smartphone maupun tablet PC berbasis Android. Ini tentu saja sesuai dengan permintaan pasar dan konsumen yang membutuhkan gadget canggih namun dengan harga tetap terjangkau. Smartfren andro tab 7.0 adalah salah satu jawabannya.

Diperkenalkan beberapa bulan lalu, andro tab mendapat respons yang sangat positif pada pameran Indonesian Cellular Show di JCC. Bahkan video hands-on yang kami unggah ke YouTube ditonton puluhan ribu kali serta mendapat beragam komentar, di mana sebagian besar positif, sehingga hal tersebut yang akhirnya membuat kami merasa perlu untuk melakukan review lebih mendalam tablet besutan SKYWORTH ini. Wajar sih, dengan harga 1,5 jutaan rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang tablet 7 inci dengan OS yang saat itu masih terbaru, Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Jadi, semoga review kami bisa menuntaskan rasa penasaran Anda yang masih mempertimbangkan untuk memilikinya.

Corak Unik
andro tab mengambil konsep vertikal dalam penggunaannya jika ditilik dari desain dan berbagai macam label yang ada di depan maupun belakang bodi hitamnya. Meski sedikit terlalu lebar jika “disangga” oleh satu telapak tangan, namun masih terasa nyaman digunakan cukup lama sekalipun. Sementara penggunaan dengan posisi horizontal dalam pegangan 2 tangan juga tak ditemukan masalah.

Justru yang unik adalah pada awalnya, kami merasa, bingkai hitam yang mengelilingi layar terlalu lebar dan harusnya bisa lebih diminimalisasi, entah untuk menambah lebar layar atau mengurangi dimensi produk. Namun ternyata, bingkai ini menjadi nilai positif saat Anda harus menempatkan ibu jari di sisi atas tablet sebagai “penjepit” baik dengan satu tangan maupun dua tangan sehingga tidak menutupi layar.

Desain di sisi belakang juga tergolong apik dengan pemisahan antara tempat bertenggernya kamera, speaker stereo, tombol daya, mikrofon, tombol volume, lubang tombol reset dan audio jack 3.5mm di sisi atas serta slot tempat microSD, RUIM, port miniHDMI, port microUSB dan lubang pengisi daya di sisi bawah berada, menggunakan corak bertekstur unik. Sayangnya, corak ini tak bisa mengurangi efek licin tangan yang berkeringat.

svg%3E

Secara keseluruhan, desain andro tab bisa dikatakan cukup elegan dengan pilihan warna serta dimensinya yang tergolong slim alias tipis plus berbobot ringan.

Smartfren Store
Ketika dinyalakan, tablet akan memainkan “jingle” khas Smartfren yang mungkin sudah tak asing di telinga Anda. Lalu dalam waktu sekitar 35 detik, andro tab siap untuk digunakan. Layar andro tab menggunakan jenis TFT LCD 7 inci resolusi HD 1024×600 piksel.

Tampilan layar andro tab, sayangnya, tidak terlalu tajam. Meski kami telah menyetelnya ke posisi kecerahan tertinggi, layar tetap cukup sulit dilihat ketika tablet digunakan di dalam ruangan yang mendapat cahaya berlimpah dari jendela kaca, dengan pantulan wajah pengguna akan jelas terlihat. Hal tersebut terasa makin mengganggu jika tablet digunakan di bawah sinar matahari langsung. Salah satu solusinya adalah menaikkan tingkat kecerahan, tapi tentunya akan mengakibatkan daya tahan baterai yang lebih pendek. Di dalam ruang yang gelap maupun berlampu terang, tidak ada masalah dengan layarnya. Semua informasi dapat ditampilkan dengan baik.

Dari Beranda, ketika kami menyentuh ikon masuk ke menu utama, tablet tidak meresponsnya dengan serta merta – kira-kira butuh waktu sekitar setengah detik hingga satu detik. Sedangkan perpindahan halaman satu ke lainnya tergolong lancar. Beberapa aplikasi bawaan Android ICS dilengkapi dengan aplikasi atau fitur khas operator seperti Costumer Info, Smartfren MobileTV dan Uangku yang harus menggunakan jaringan internet dari kartu untuk memaksimalkannya, SMART PUSTAKA yang merupakan perpustakaan digital Anda serta Smartfren Store.

Yang kami sebutkan terakhir, Smartfren Store, merupakan “pasar aplikasi” layaknya Google Play Store namun dengan keuntungan ekstra. Biasanya jika Anda ingin membeli aplikasi berbayar dari Play Store, kartu kredit adalah hal mutlak. Padahal tidak semua pengguna Android memiliki kartu kredit di dompetnya. Nah, dengan Smarfren Store ini, Anda bisa membeli aplikasi dengan mekanisme potong pulsa saldo Anda sehingga sangat mudah dan cepat. Uniknya, Smartfren justru merekomendasikan penggunaan WiFi saat mendownload untuk menghindari terputusnya proses (karena ketidakstabilan jaringan).

svg%3E

Prosesor andro tab berkecepatan 1GHz jenis Cortex ARM A8 dengan RAM 1GB, atau tepatnya 1024MB, serta memori internal 4GB yang tentunya masih bisa ditambah via microSD hingga 32GB.

Poor Camera
Hasil benchmark andro tab memang rata-rata berada di peringkat bawah, namun hal ini terasa wajar melihat harga jual yang ditawarkan. Quadrant mencatat poin 1698 yang menempatkan andro tab di posisi buncit, serupa dengan AnTuTu dengan poin 2673. Yang menarik adalah keterangan layar yang kami dapatkan dari AnTuTu berbeda dengan “klaim” Smartfren, yang mana resolusinya “hanya” 600×976 pixel alias belum HD. Lima titik sentuhan di layar dapat direspons bersamaan menurut benchmark MultiTouch Tester.

svg%3E

Saat benchmarking menggunakan Vellamo, terlihat pula adanya lag ketika aplikasi tersebut membuka berbagai macam konten di dunia maya termasuk dalam melakukan pembesaran (zoom in/out) serta memutar video streaming.

Performa ketika memainkan game yang cukup ringan seperti Bad Pigies HD tergolong baik. Tak ada jeda (lag) serta proses pinch to zoom juga mampu dilakukan dengan mulus. Beralih ke game yang lebih berat, seperti biasa, Dead Triger menjadi andalan kami dan jeda pergerakan karakter mulai banyak terasa, meski masih bisa ditolerir.

Menonton film resolusi HD masih dapat dilakukan dengan cukup nyaman asal Anda tak memegangnya terlalu lama karena sisi belakangnya akan terasa panas. Dengan layar seperti kami deskripsikan di atas, gambar pada film memang tidak terlihat tajam, namun tetap dapat Anda nikmati kok. Apalagi ada dukungan speaker stereo di sisi belakang.

svg%3E

Bekal kamera 2MP baik di belakang maupun di depan masih belum bisa memuaskan kami. Resolusi kamera muka 1600×1200 memang merupakan hal baik, namun tidak di sisi belakang. Demikian juga hasil rekaman video VGA-nya. Mungkin Anda harus banyak memanfaatkan aplikasi pengolah foto yang banyak ditawarkan di Play Store untuk membuat efek berbeda sehingga bisa lebih dapat dinikmati termasuk saat diunggah ke Instagram atau Facebook.

Meski begitu, fitur foto panorama yang disediakan justru bisa tampil dengan baik. “Jahitan” beberapa foto nampak mulus sehingga foto panorama Anda harusnya bisa tampil cukup sempurna selama momen mengambilnya juga tepat. Untuk contoh hasilnya bisa Anda lihat pada galeri di bawah ini.

Foto

Smartfren andro tab Skyworth S7 outdoor Smartfren andro tab Skyworth S7 Smartfren andro tab Skyworth S7 front cam

Smartfren andro tab Skyworth S7 panorama

Performa berikutnya yang kami uji adalah daya tahan baterai. Dengan bekal kapasitas 3000mAh jenis Li-Poly, baterai andro tab terasa cepat terkuras ketika digunakan terus menerus. Misal seperti saat kami menggunakan tablet ini untuk pertama kalinya dari kondisi baterai 100%, berbagai aktivitas unduh aplikasi benchmark dan game dari Google Play Store selama 30 menit menghabiskan daya 9%. Namun jika dalam kondisi siaga, tentu saja kecepatan berkurangnya menjadi jauh lebih lambat.

Kesimpulan
Smartfren andro tab merupakan tablet menengah ke bawah yang tergolong sangat layak dimiliki. Berbagai kekurangan yang kami temukan di atas tak mengurangi daya pikat tablet PC ini karena selain harga yang terjangkau, desain, hardware dan OS yang ditawarkan juga cukup untuk Anda pengguna tablet pemula. Sayangnya, unit review yang kami dapatkan tidak memiliki konektivitas dari jaringan smartfren sehingga kami tidak bisa memberikan gambaran lebih lanjut.

Dalam paket pembelian terdapat kartu perdana (starter pack) Smartfren dengan bonus data 2GB yang berlaku hanya satu kali selama 30 hari setelah Anda melakukan pengisian pulsa pertama kali minimal Rp50.000. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi laman ini.

svg%3E

Kelebihan:
(+) Desain menarik
(+) Bobot ringan
(+) Speaker stereo
(+) Android ICS
(+) Smartfren Store
(+) Kamera depan 2MP
(+) Foto panorama tergolong baik
(+) Jaringan EVDO Rev.A hingga 3.1Mbps

Kekurangan:
(-) Kamera belakang hanya 2MP
(-) Hasil kamera/video kamera belakang jelek
(-) Layar kurang tajam
(-) Resolusi layar belum HD

Verified by MonsterInsights