Rekomendasi 9 Antivirus Gratis untuk Android

Serangan-serangan worm, virus, botnet, trojan maupun spam selain biasa ditemukan pada PC, saat ini dilaporkan juga telah mengancam salah satu OS yang sedang naik daun besutan Google, Android. Karena itu dibutuhkan pengaman tambahan pada device Android Anda untuk menjaganya dari serbuan spam yang biasanya masuk ketika Anda mengakses sebuah laman internet yang mengandung program jahat tersebut.

Setelah rekomendasi 10 aplikasi multiplatform kami hadirkan bulan lalu, kali ini YANGCANGGIH akan menampilkan 9 aplikasi pelindung perangkat Android Anda dari kejahatan cyber tersebut. Namun para pengembang tak hanya memberikan fitur antivirus saja, melainkan berbagai fungsi lain seperti pelacak device yang hilang hingga blokir SMS dan telepon. Kesembilan aplikasi tersebut bersifat gratis dan kami urutkan berdasarkan rating (paling banyak di-vote oleh penggunanya) per tanggal 5-10 Oktober 2012.

McAfee Antivirus & Security Rating: 7.611 (4 bintang)

svg%3E

Meski nama McAfee Mobile Security sudah banyak dikenal, namun di Play Store McAfee tidak menempati urutan teratas dari segi rating. Padahal aplikasi ini memenangkan banyak penghargaan bergengsi serta rekomendasi berbagai majalah top dunia. Lalu apa masalahnya? Ternyata ini hanya merupakan versi trial selama 7 hari – setelah itu bisa ditebak, Anda harus membeli lisensi penuhnya.

Selain antivirus yang akan memindai malicious code pada file, SD card, aplikasi dan unduhan internet, McAfee menyediakan fitur anti-theft (mengunci atau menghapus data pada perangkat maupun kartu SD Anda secara remote), menemukan lokasi dan melacak perangkat apabila hilang), safe mobile surfing (melindungi dari threats dengan mem-blok akses ke situs berisiko), app protection (mengecek aplikasi yang berisiko membahayakan perangkat) serta call & SMS filter (memblokir SMS dan telepon yang Anda kehendaki).

Zoner AntiVirus Free Rating: 9.335 (4.5 bintang)
Zoner AntiVirus Free – Tablet Rating: 66 (5 bintang)

svg%3E

Zoner AntiVirus memiliki dua varian aplikasi, yakni pelindung smartphone dan tablet PC Android terpisah. Pengembang yang berbasis di Eropa tersebut menawarkan perlindungan melawan berbagai macam virus, dialer, trojan, worm, spyware, adware serta malware lainnya hingga proteksi pada pesan dan panggilan telepon.

Fitur Theft Protection untuk menemukan dan mengontrol perangkat Anda yang hilang juga tersedia, selain Installed app protection, On-access & on-demand scan, Phone filtering (memblokir pesan dan telepon dari nomor yang tidak dikehendaki), Parental lock for calls, Permission viewer, Task Manager, Automatic & manual database updates, Home screen widget hingga Secure messages. Lengkap dan gratis, seumur hidup.

Antivirus & Mobile Security Rating: 17.329 (4.5 bintang)
Antivirus & Mobile Security Rating: 23.581 (4.5 bintang)

svg%3E

TrustGo Antivirus and Mobile Security juga menawarkan hal sama dengan kompetitornya; Security Scanner, Secure Web Browsing, System Manager, Privacy Guard, Data Backup – Store yang menyediakan Anda tempat penyimpanan data gratis di awan, hingga Device Protection untuk melacak dan mengontrol perangkat Anda yang hilang. Namun aplikasi gratis ini juga memiliki fitur khas yakni Secure App Search dengan menggunakan Secure App Finder Engine (SAFE) untuk pencarian aplikasi yang aman.

ALYac Android Rating: 33.452 (4.5 bintang)

svg%3E

ESTsoft Corp. menyajikan ALYac Android dengan 4 fitur utama; Antivirus Protection for Android – mendeteksi file malicious, Package Safety Indices – yang memberi peringkat rating keamanan aplikasi dan pengembangnya, Spam Management – filter spam berdasarkan nomor dan kata kunci spam terdaftar, serta App Management. Aplikasi ini diklaim sebagai antivirus Android paling populer di Korea.

NQ Mobile Security & Antivirus Rating: 50.691 (4.5 bintang)

svg%3E

Memperoleh angka rating lebih dari 50 ribu dengan total 4.5 bintang, NQ Mobile Security & Antivirus
selain melindungi device Anda dari malware, spyware dan viruses dengan metode yang telah mendapat sertifikat dari West Coast Labs, juga akan menjauhkan smartphone maupun tablet dari hacking. Selain itu fitur lainnya yang juga dimiliki antara lain anti-harassment (blokir telepon dan SMS), privacy protection, phone locator, data backup, serta safe browsing & traffic monitoring.

NQ Mobile dalam update terakhirnya juga menambahkan fitur Intruder Alert (inturder: pengacau) yang memungkinkan perangkat mengambil foto pencuri device Anda dan mengirimkannya ke email Anda yang terdaftar pada perangkat. Canggih, bukan?

Dr.Web Anti-virus Light Rating: 86.886 (4.5 bintang)
svg%3E

Dr Web adalah aplikasi antivirus rancangan pengembang asal Rusia yang telah memulai kiprahnya sejak 10 tahun lalu. Mereka menjanjikan penggunaan aplikasi ini tidak akan mengganggu kinerja perangkat serta, ini juga penting, tidak memboroskan baterai. Anda juga dapat mengakses aplikasi ini dengan mudah dan cepat lewat widget yang disediakan.

Dr.Web Antivirus Light menggunakan algoritma unik bernama Origins Tracing for Android untuk melacak malware maupun virus-virus baru yang terus bermunculan. Fitur-fitur yang ditawarkan antara lain adalah
Constant anti-virus protection & threats neutralization, On demand scanning, Quarantine, SD-card protection, statistik detil mengenai aktivitas antivirus dan update otomatis dalam paket yang kecil sehingga tak memboroskan kuota data Anda.

avast! Mobile Security Rating: 143.027 (4.7 bintang)
svg%3E

Nama avast! antivirus juga sudah cukup populer di industri PC. Dalam versi Android-nya kali ini, avast! menawarkan fitur lebih dari sekedar penjaga perangkat dari serangan virus. Anda juga bisa menggunakan Privacy Report (memindai dan menampilkan hasil hak akses aplikasi yang terinstal pada perangkat), Anti-Theft (komponen tersembunyi, fungsinya sama seperti pada antivirus lainnya namun dengan tambahan aktivasi sirene), Network Meter (untuk mengecek transfer data masuk/keluar), Web Shield termasuk USSD blocker, hingga Widget yang akan memudahkan Anda mengontrol aplikasi ini dari layar Beranda.

Selain itu ada pula Web Interface, SiteCorrect (membantu mengoreksi kesalahan ketik alamat URL saat mengakses suatu laman), Shield Control (penngaturan pemindaian aplikasi, web dan pesan tingkat lanjut), Battery Save, Firewall dan fasilitas web https://my.avast.com untuk mengontrol perangkat Anda yang terlanjur hilang. Ya, semuanya bisa didapatkan dengan gratis!

Antivirus Free Rating: 332.881 (4.5 bintang)

svg%3E

Antivirus besutan AVG ini akan mendeteksi aplikasi & SMS yang membahayakan perangkat Anda secara dini. Sementara itu fitur-fitur lain yang sejenis juga bisa digunakan pada aplikasi gratis terbatas ini, seperti temukan atau lacak ponsel yang hilang menggunakan Google Maps, mengunci dan menghapus data dari jarak jauh, task manager, berselancar di dunia maya dengan aman, memonitor baterai, kapasitas memori dan paket data Anda dalam satu paket.

Pengguna versi gratis terbatas ini juga dapat menikmati fitur App locker dan mobile privacy selama 14 hari. Nah, jika Anda tertarik menggunakan yang berbayar, siapkan dana $9.99 dan silakan unduh Antivirus Pro atau Anti-Virus Pro – Tablet di Google Play Store.

Lookout Security & Antivirus Rating: 363.032 (4.5 bintang)

svg%3E

Oke, kita telah sampai pada antivirus terakhir yang paling banyak mendapatkan rating dari penggunanya (lebih dari 350 ribu), Lookout Security & Antivirus. Selain antivirus yang mampu menghadang berbagai ancaman dari malware, spyware dan trojan, terdapat juga fitur Find My Phone untuk melacak device Anda yang hilang via Google Map, menyalakan alarm bersuara kencang meski perangkat dalam kondisi silent via laman www.lookout.com.

Lewat laman yang sama, Anda bisa “menumpang” kavling di awan mereka terutama untuk menyimpan data kontak dan dapat digunakan pada perangkat yang baru (restore). Hanya itu? Sebenarnya masih ada lagi, namun Anda harus membayar untuk dapat menikmati fitur premium Lookout. Meski begitu, ada masa uji coba kok supaya Anda tidak sampai merasa “membeli kucing dalam karung”.

Fitur-fitur tersebut antara lain Safe Browsing, Remote Lock & Wipe, Privacy Advisor (untuk mengunci aplikasi) serta Advanced Backup. Jika menurut Anda fitur-fitur tersebut bisa Anda dapatkan dengan gratis di aplikasi lainnya, Anda benar. Jadi, tinggal pilih mana yang paling pas untuk Anda!

Verified by MonsterInsights