Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNews

LeiCanon: Menyulap DSLR Canon Menjadi Kamera Leica

LeiCanon 1

Bagi seorang fotografer asal San Diego bernama Robert Benson, lensa Leica Noctilux 50mm F/1.0 seharga US$ 6500 yang ia miliki merupakan lensa yang sangat istimewa. Namun sayangnya lensa semahal itu tidak pernah digunakan karena ia tidak memiliki bodi kamera Leica. Akhirnya demi menggunakan lensa lengendaris tersebut, sang fotografer yang biasa menangani klien seperti Apple, New York Times, dan Wall Street Journal ini mengambil keputusan yang cukup ekstrim yaitu memodifikasi Canon 5D Mark II miliknya dan diberi nama LeiCanon.
Yang dilakukan oleh Robert Benson bukanlah modifikasi biasa seperti yang dilakukan para penggemar lensa manual di body DSLR dengan hanya memasang konverter dudukan lensa. Kamera 5D Mark II yang menjadi percobaannya ini dibedah luar dalam agar serupa dengan standarisasi kamera Leica dan ditangani oleh para teknisi profesional yang sangat ahli.

Robert Benson mengatakan: “Seluruh komponen 5D Mark II miliknya dilepas termasuk mirrorbox untuk dikalibrasi ulang. Pemasangan kembali Mirrorbox menggunakan mesin dengan tingkat presisi tinggi dan dilakukan oleh teknisi yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Tujuannya, agar jarak antara mirrorbox dan lensa sesuai dengan standarisasi kamera Leica yaitu 27.8 mm.

Untuk memberikan durabilitas mirrorbox yang lebih lama, mirrorbox ini diperkuat dengan 2 bagian bingkai terbuat dari plexiglass dan bagian dudukan lensa yang telah dimodifikasi menjadi dudukan lensa Leica diperkuat lagi dengan baja setebal 3mm agar dapat menangani lensa-lensa rangefinder yang biasanya berbobot lebih berat. Modifikasi dudukannya juga dibuat universal dengan dudukan standar lensa Leica 44mm dan tersedia juga step up ring agar dapat menggunakan lensa Leica berdiameter 42mm. Setelah semuanya selesai, kamera baru kemudian dirakit kembali.

Ada beberapa keuntungan yang dimiliki Robert Benson setelah kamera 5D Mark II miliknya dimodifikasi. Jika dibandingkan dengan Leica M9 yang seharga sekitar US$ 6500, beberapa keunggulannya diantara lain Anda mendapatkan fitur live view, kecepatan burstshoot 4fps yang dua kali lebih cepat dari kecepatan burstshoot M9 yang hanya 2 fps, dan fitur perekaman video yang lebih baik.

Jika Anda tertarik dengan modifikasi LeiCanon ini, Robert Benson dengan senang hati akan membantu Anda. Dengan budget sekitar US$ 2950 Robert Benson akan membeli sebuah kamera 5D Mark II untuk Anda, kemudian dibedah lalu baru dikirimkan ke rumah Anda.

Berikut beberapa hasil fotonya:
leicanon sample 3
leicanon sample 2
Leicanon sample 1

Back to top button