Leica Hadirkan Dua Kamera Rangefinder: Leica M & Leica M-E

Leica memperkenalkan dua kamera terbaru yang termasuk keluarga kamera rangefinder, Leica M dan Leica M-E. Bersama dengan M-Monochrom, Leica kini memiliki tiga model kamera rangefinder digital.

svg%3E

Leica M hadir dilengkapi dengan sensor CMOS Leica M 24 megapixel. Mengingat semua model M masa mendatang juga akan disebut “M” saja, maka model terbaru ini akan dipanggil Typ 240 agar tidak membingungkan. Inilah kamera rangefinder Leica pertama yang memiliki live view di layar LCD, dengan piilhan untuk menentukan fokus melalui lensa. Leica M ini juga kompatibel dengan lensa R-mount. Typ 240 juga merupakan M pertama yang mampu merekam video, dengan dukungan perekaman video Full HD 1080p pada 25 atau 24 frame per detik.

svg%3E

Layar LCD yang diberikan juga cukup berkualitas, dengan resolusi 920.000 titik dan lapisan Gorilla Glass seperti pada smartphone kelas atas. Bagi yang membutuhkan viewfinder elektrik, dapat menggunakan aksesoris Leica EVF2 yang sama seperti X2. Aksesoris lain meliputi handgrip dengan fitur GPS terintegrasi dan Leica Microphone Adapter set. Leica M Typ 240 ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan silver chrome. Untuk harga, kamera ini akan dijual di kisaran US$6950 mulai awal tahun 2013.

svg%3E
Di bawah Leica M, terdapat Leica M-E yang harganya lebih terjangkau. Menggunakan sensor CCD full-frame dengan resolusi 18 megapixel, Leica M-E ditawarkan sebagai kamera yang minimalis. Karakteristik minimalis ini tidak hanya terlihat dari desainnya yang rapi saja, tapi juga pada fiturnya yang cukup mendasar. Leica mengatakan bahwa Leica M-E hanya dibekali fungsi-fungsi esensial untuk menciptakan hasil foto yang hebat. Tidak lebih tidak kurang.

Leica M-E juga diposisikan sebagai kamera pertama bagi konsumen yang ingin merasakan pengalaman menarik menggunakan rangefinder atau sebagai kamera kedua. Meskipun begitu, Leica M-E tetap kompatibel dengan hampir semua lensa untuk jajaran kamera Leica-M yang sudah diproduksi sejak tahun 1954. Seberapa terjangkau? Untuk M-E, Leica mematok harga “hanya” US$5450 dan mulai menjualnya mulai akhir bulan September 2012 ini.