jakARta pilkada: Semarakkan Pilkada DKI Lewat Game Berbasis AR

svg%3E

Hiruk pikuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta semakin terasa. Besok, tanggal 20 September 2012, warga Jakarta khususnya yang memiliki KTP Ibu Kota dan sudah terdaftar, akan mempergunakan hak suara mereka untuk kedua kalinya di tahun ini untuk memilih Gubernur periode jabatan 2012-2017. Serunya event ini bahkan menarik perhatian publik mancanegara, salah satunya harian terbesar kedua di Singapura yang turut membahas persaingan ketat antara Foke-Jokowi.

Oke, ini memang bukan portal berita politik. Namun berpolitik bukan berarti tidak bisa dilakukan secara fun memanfaatkan teknologi dan gadget yang kita miliki. Seperti yang dilakukan oleh pengembang lokal AR&Co lewat aplikasi gratis untuk perangkat Android bernama jakARta pilkada. Managing Director AR&Co. Peter Shearer, dalam wawancara tertulis dengan YANGCANGGIH.COM membenarkan hal tersebut.

“Kami ingin mendukung Pilkada Jakarta ini dengan cara yang unik, fun dan kreatif. Ide ini tercetus setelah melihat banyaknya black campaign yang saling menjatuhkan. Yang kami ingin sampaikan lewat game ini sebenarnya adalah campaign yang sportif, yang memberikan efek positif kepada masyarakat.”

Goal atau tujuan dari permainan yang dikerjakan hanya dalam waktu 4 hari ini sebenarnya sangat sederhana. Anda bisa berfoto seolah-olah menggunakan kostum atau ciri khas kedua calon, seperti kemaja kotak-kotak Jokowi atau kumis a-la Foke. Namun untuk bisa melakukannya, ada beberapa tahapan yang harus Anda tempuh.

svg%3E

Pertama, unduh aplikasi jakARta pilkada dari Google Play Store. Jika sudah terinstal, buka laman Planet-AR dari PC atau perangkat lain. Nanti laman tersebut akan meminta Anda untuk mengunduh dan menyimpan sebuah file gambar.

svg%3E

Setelah selesai, ada 2 pilihan yang bisa Anda lakukan. Pertama, cetak (print) gambar tadi atau yang kedua, Anda cukup membukanya di layar yang lebih lebar. Lalu buka aplikasi jakARta pilkada di smartphone atau tablet Android Anda, pilih pasangan mana yang Anda dukung, lalu arahkan kamera yang aktif secara otomatis ke gambar tadi. Maka sederet kartu akan keluar dalam posisi terbalik (tertutup).

Nah, Anda tinggal mencocokkan pasangan Cagub dengan Cawagub-nya sebelum waktu habis. Setelah berhasil, maka akan keluar semacam avatar ciri khas kedua calon yang bisa Anda cocokkan dengan kepala Anda atau rekan. Ambil fotonya dan… selesai! Untuk lebih jelasnya, Anda dapat saksikan video berikut ini. Selamat memilih untuk Jakarta lebih baik!