Fujifilm Finepix F800EXR: Super Zoom Mungil dengan Wi-Fi

svg%3E

Fujifilm kembali menghadirkan kamera saku terbarunya, Finepix F800EXR. Kali ini keunggulan yang dimilikinya terletak pada konektivitas Wi-Fi dan jangkauan lensa yang panjang atau sering disebut dengan istilah sapu-jagad.

Fujifilm Finepix F800EXR dibekali dengan sensor CMOS beresolusi 16 megapixel dan prosesor EXR milik Fujifilm untuk mengoptimalkannya mengolah gambar dan meminimalisir noise pada setting ISO tinggi. Di depan sensornya tersedia sebuah lensa wide Fujinon 25mm dengan kemampuan optical zoom 20x atau setara dengan 25mm-500mm. Untuk menampilkan hasil foto dan membantu Anda membidik gambar, Fujifilm menyertainya dengan layar LCD resolusi tinggi berukuran 3-inci dengan tingkat kerapatan pixel 460K dot.

Kolaborasi prosesor EXR dan sensor CMOS yang dimilikinya membuat kamera ini lebih unggul di cahaya minim. Hal tersebut berkat tersedianya dukungan opsi ISO tinggi hingga ISO 12800, sistem image stabilization mekanis, dan fitur terbaru yaitu mendeteksi pergerakan (motion detection) untuk mengurangi efek guncangan tangan di kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Cara kerjanya cukup sederhana. Pada kondisi cahaya yang minim dengan mode EXR Auto, Fujifilm Finepix F800EXR secara otomatis akan mendeteksi pergerakan subyek. Jika subyek memang bergerak, kamera akan secara otomatis mengaktifkan motion detection dan mengganti setting ISO ke posisi tertinggi untuk memastikan foto terambil dengan benar tanpa blur. Jika kamera tidak mendeteksi pergerakan subjek, setting ISO tetap dijaga pada tingkat yang rendah dan hanya mengandalkan image stabilization untuk menjaga hasil foto tetap tajam.

svg%3E

Andalkan Fitur EXR dan Wi-Fi
Sedangkan fitur EXR yang tersedia di F800EXR mencakup: EXR HR (High Resolution) untuk menghasilkan foto yang tajam dan minim noise pada resolusi tinggi, EXR DR (Dynamic Range) untuk mengambil dua foto sekaligus yang kemudian digabung menjadi satu foto dengan dynamic range yang lebih baik, dan EXR SN (Signal to Noise) yang berfungsi meningkatkan sensitivitas kamera untuk menghasilkan foto terbaik pada kondisi minim cahaya.

Sementara teknologi Wi-Fi pada Fujifilm Finepix F800EXR hadir dengan dukungan 2 aplikasi yaitu Fujifilm Photo Receiver dan Fujifilm Camera Application yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Lewat aplikasi Fujifilm Photo Receiver, Anda dapat menghubungkan smartphone dan tablet PC Android atau iPad untuk melakukan pemindahan file foto secara nirkabel. Anda juga dapat langsung terhubung ke akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk berbagi foto dengan teman-teman dalam waktu yang sangat singkat.

Aplikasi Pelengkap dan Fitur Kreatif
Sedangkan aplikasi Fujifilm Camera Application hadir untuk melengkapi kamera ini yang belum mendapatkan dukungan teknologi GPS. Dengan bantuan aplikasi Fujifilm Camera Application, Fujifilm Finepix F800EXR dapat merekam lokasi data pengguna dengan memanfaatkan GPS dari smartphone atau tablet PC lalu kemudian ditampilkan pada layar kamera. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengirim foto ke smartphone atau tablet PC untuk menampilkan peta lokasi letak foto tersebut diambil.

Selain itu dengan dukungan database yang lengkap hingga sekitar 1 juta bangunan bersejarah di seluruh dunia, pengguna dapat menikmati berbagai fitur ekstra. Seperti fitur Landmark Navigator untuk menampilkan jarak terdekat bangunan bersejarah di sekitar Anda dan Photo Navigation yang berguna untuk menampilkan informasi jarak antara posisi fotografer sekarang dengan foto bangunan bersejarah yang telah diambil sebelumnya.

Sama seperti kamera saku lainnya, Fujifilm Finepix F800EXR juga hadir dengan fitur kreatif. Anda dapat memilih 6 efek filter seperti Pop Color, Toy Camera, Miniatur, High Key, Partial Color dan Dynamic Tone. Fitur panorama dan 18 opsi scene mode yang lengkap dapat juga Anda manfaatkan untuk membantu membidik foto. Tidak hanya itu, Fujifilm F800EXR juga hadir dengan opsi pengambilan foto P,S,A,M ala DSLR dan bagi yang gemar merekam video, Anda juga dapat membuat video Full HD 1920×1080 pixel menggunakannya.

Fujifilm FinePix F800EXR akan tersedia pada bulan Agustus 2012 dengan harga US$349.95 dalam 4 pilihan warna merah, hitam ,silver, dan champagne gold.

Verified by MonsterInsights