MyDP: Standard Baru Port Koneksi Perangkat Mobile

svg%3E

VESA (Video Electronics Standards Association) mengumumkan hadirnya standar baru port konektivitas untuk perangkat mobile yang diberi nama Mobility DisplayPort (MyDP).

Kemampuan smartphone dan tablet PC semakin meningkat pesat, dengan hadirnya berbagai prosesor bertenaga serta hemat energi yang dapat diandalkan untuk menyajikan konten multimedia berkualitas HD saat bermobilitas. Tapi menonton di layar TV yang besar pasti lebih nyaman ketimbang di layar perangkat mobile yang kecil. Masalahnya, tidak semua perangkat mobile dewasa ini yang memiliki port HDMI untuk mengirim tampilan ke layar TV, karena para vendor mobile harus membayar hak paten HDMI yang cukup mahal.

Itulah sebabnya mengapa VESA merilis MyDP. Dengan standar konektivitas baru ini Anda dapat menikmati konten HD dari smartphone atau tablet PC di layar yang lebih besar melalui port microUSB yang mendukungnya.

Untuk menghubungkan perangkat mobile ke TV, VESA akan menyediakan kabel khusus dengan konektor microUSB di salah satu ujungnya dan konektor DisplayPort atau HDMI di ujung yang satunya lagi. Nantinya, VESA juga akan menyediakan konverter untuk monitor-monitor yang masih mengandalkan port DVI dan VGA.

MyDP memiliki standard pemindahan data hingga 1Mbps. Ini berarti MyDP dapat mendukung fitur dari perangkat monitor atau TV seperti multitouch, keyboard, mouse dan remote control. Lewat port MyDP ini Anda juga dapat menikmati konten Full HD 1080p pada format 2D atau 3D yang lebih baik karena MyDP telah mendukung pemrosesan warna 24-Bit dengan frame rate 60Hz.

Saat ini sekitar 180 produsen gadget telah siap menerapkan standard MyDP pada perangkat keluaran terbaru mereka. Dalam waktu dekat atau sekitar kuartal keempat tahun 2012, MyDP akan segera menjadi standard baru untuk perangkat mobile seperti, ultrabook, tablet PC dan smartphone.

Verified by MonsterInsights