[Review] Magic Piano: Mudah Bermain Piano di Android & iOS

svg%3E

Saya menemukan aplikasi yang cukup menarik di Google Play Store baru-baru ini. Sebuah game ber-genre musik yang menyenangkan untuk dimainkan, bahkan oleh orang seperti saya yang tidak cakap bermain alat musik terutama piano. Ya, Magic Piano besutan Smule ini memungkinkan Anda untuk bermain berbagai macam musik dengan mudah tanpa perlu (lama) belajar, karena yang perlu Anda lakukan adalah menyentuh dot-dot di layar sambil menyesuaikan irama. Dot hijau berarti single touch sementara dot-dot kuning mengindikasikan multitouch, alias Anda harus menyentuhnya bersamaan untuk mendapatkan nada yang harmonis.

svg%3E

Untuk sementara ini Magic Piano hanya menawarkan 2 mode permainan, Play dan Solo. Sementara pilihan ketiga, World, masih bertuliskan “Coming Soon” alias akan ditambahkan kemudian. Di mode Play Anda dapat memainkan ratusan lagu dengan daftar judul yang ditambahkan tiap minggunya. Untuk membuka lagu-lagu baru, Anda harus membayarnya dengan sejumlah “Smoola”. Sementara daftar lagu bawaan dan Free to Play dapat dimainkan secara gratis.

svg%3E

Berikutnya adalah mode Solo alias bermain sendiri. Di sini tidak ada lagu seperti di mode Play, tapi Anda bebas memainkan pianonya sesuka hati. Ada beberapa macam modus tampilan tuts piano yakni invisible alias tidak terlihat. Anda harus menebak sendiri tuts apakah yang Anda mainkan. Lalu ada mode tampilan berputar dan spiral, serta mode normal yang akan menampilkan tuts piano berjejer ke samping. Besar kecilnya tuts serta oktaf mana yang ingin dimainkan bisa diatur di bagian bawah tampilan layar.

svg%3E

Meski tidak disebutkan secara spesifik, namun Magic Piano memiliki 2 gameplay yang berbeda antara smartphone (layar kecil) dengan tablet (layar besar). Di smartphone, jumlah dot kuning maksimal yang dapat ditampilkan sekitar 2 sampai 3, sementara pada tablet, Anda bisa mendapat perintah hingga 4 dot untuk disentuh bersamaan. Atau singkatnya, gameplay untuk tablet dibuat sedikit lebih sulit ketimbang smartphone. Di setiap akhir permainan Magic Piano menawarkan Anda untuk memamerkan hasilnya di berbagai akun jejaring sosial.

svg%3E

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan video yang saya buat di bawah. Jika tertarik, Anda mengunduh Magic Piano di Google Play Store secara gratis. Namun ingat, untuk memainkan lebih banyak lagu, Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli poin Smoola. Oh ya, karena awalnya game ini hadir untuk perangkat iOS, maka Anda pengguna iPhone 3GS/4/4S, iPod touch (3rd/4th generation), serta iPad dengan versi iOS minimal 4.3 juga dapat mengunduhnya di iTunes.

Verified by MonsterInsights