Samsung Chromebox: Komputer Mungil Chrome OS Mirip Mac Mini

Chrome OS memang belum begitu populer di kalangan publik, namun bukan berarti Google menyerah begitu saja. Baru-baru ini mereka bekerja sama dengan Samsung untuk merilis sebuah komputer berdimensi ringkas yang dinamai Chromebox.

svg%3E
Chrome OS mengandalkan komputasi Cloud untuk bekerja

Jika diperhatikan, bentuk Chromebox sedikit mirip Apple Mac Minidengan keempat sisinya yang melengkung berwarna abu-abu metalik – semoga saja Apple tidak mempermasalahkannya seperti kasus Galaxy Ace terdahulu.

Dalam produk terbarunya ini, Google menanamkan Chrome OS versi terbaru yakni versi 19 yang telah dilengkapi fitur-fitur baru seperti Google Drive versi beta dan remote desktop support. Sedangkan di segi hardware, Samsung menggunakan prosesor Intel Celeron B840 berkecepatan 1.9GHz yang didukung dengan RAM sebesar 4GB dan mSATA SSD SanDisk berkapasitas 16GB. Memang tidak terdengar hebat, namun melihat generasi Chromebook sebelumnya yang hanya memiliki prosesor dual core Atom serta RAM 2GB, spesifikasi tersebut merupakan sebuah lompatan jauh.

svg%3E
Konektivitas yang melimpah

Uniknya, walau spesifikasi hardware di dalamnya tidak begitu ‘wah’, Chromebox dilengkapi dengan dua DisplayPort yang mendukung fitur Dual-mode. Selain itu Samsung juga melengkapinya dengan sebuah port DVI, enam port USB 2.0, Gigabit Ethernet, headset jack kombinasi, Wi-Fi dan Bluetooth 3.0.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi Chrome OS, Samsung Chromebox ini telah tersedia di pasaran dengan harga US$329, atau sekitar Rp 3,1 jutaan saja. Namun perlu diingat, Chrome OS harus tersambung ke internet secara konstan agar dapat digunakan, jadi sebaiknya pertimbangkan baik-baik ya sebelum membelinya.

Verified by MonsterInsights