[Fitur] ASUS AiDisk: Membuka Akses Data PC di Rumah Kapan Saja

Selain terlambat, masih ada satu hal yang tidak diinginkan saat harus menghadiri rapat besar di kantor: lupa membawa dokumen yang dibutuhkan. Nah, sekarang ASUS mempunyai sebuah solusi agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda. Solusi tersebut dinamakan AiDisk.

AiDisk merupakan sebuah fitur baru yang memudahkan pengguna menciptakan personal FTP server menggunakan komputer di rumah. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengakses data pada media penyimpanan USB, seperti hard disk eksternal ataupun flashdisk yang tersambung dengan router, kapan pun dan di mana pun.

Instalasinya juga sangat mudah – cukup meluangkan waktu sekitar tiga menit dan melakukan tiga langkah sederhana saat mengkonfigurasi router:

1. Tentukan jenis akses, apakah memerlukan ID dan password untuk dapat mengakses data.
2. Melakukan registrasi username di server ASUS.
3. Pilih folder pada hard disk yang akan di-share.

Kemudian untuk mengambil data dari hard disk, pengguna cukup mengakses FTP dengan mengetik URL FTP yang telah dibuat di browser. Saat ini kapasitas maksimum yang bisa di-share mencapai 4TB, yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan dua USB storage dengan kapasitas masing-masing 2TB. Ukuran tiap file juga dibatasi hingga maksimal 8GB, tergantung format dan ukuran partisi yang digunakan.

Fungsi AiDisik kini telah mendukung tujuh varian produk ASUS, mulai dari RT-N66U, RT-N56U, RT-N16, RT-N15U, RT-N13U, DSL-N55U dan DSL-N12U. Tipe lain akan tersedia pada semester kedua tahun 2012.

Untuk mengetahui lebih jelas fitur AiDisk ini, simak video demonya di bawah.

Verified by MonsterInsights