Nova Launcher: Bikin Android Lebih Interaktif

Ice Cream Sandwich; OS Android ini memang sedang menjadi primadona sekarang bagi para penggemar si robot hijau. Tampilan antarmuka yang interaktif dipadukan dengan tampilan grafis yang futuristis menjadi salah satu andalannya. Namun, bagi Anda yang sudah mulai bosan dengan tampilan antarmuka ICS, mungkin Anda boleh mencoba sebuah launcher yang tersedia di market bernama Nova Launcher.

Nova Launcher merupakan launcher hasil karya TeslaCoil Software yang tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Untuk review kali ini, saya menggunakan Nova Launcher Prime versi berbayar dengan berbagai fitur tambahan menarik dan diuji coba pada Motorola Droid X yang menjalankan ROM MIUI v4 yang berbasis ICS.

Setelah diunduh, Anda dapat langsung menikmati launcher yang interaktif ini meski tampilannya sekilas masih menyerupai tampilan antarmuka ICS biasa. Nova Launcher langsung memberi kesan baik ketika saya mencicipinya. Performanya sangat baik, tanpa ada lag sama sekali meski launcher ini dipasangkan pada custom ROM MIUI.

Selain performa, fleksibilitas sebuah launcher patut diperhitungkan. Saat mengakses menu Nova Setting, saya merasa cukup senang melihat banyaknya kustomisasi yang ditawarkan.

svg%3E

Kustomisasi yang ditawarkan meliputi kustomisasi Desktop, Drawer, Dock, Gesture, dan Behavior. Nova Launcher juga menyediakan opsi Backup untuk menyimpan hasil kustomisasi Anda.

svg%3E

Pada bagian kustomisasi desktop ini Anda dapat menambahkan home screen hingga maksimal 7 halaman. Efek perpindahan halaman dan opsi wallpaper scrolling juga dapat dipilih agar tampilan home screen Anda menjadi lebih menarik.

Satu hal yang cukup menarik, Nova Launcher menyediakan opsi Nova Action yang berguna untuk menambahkan shortcut fitur Nova Launcher pada tampilan home screen Anda.
Untuk membuat tampilan home screen menjadi lebih rapih, tersedia opsi desktop grid, width margin dan height margin untuk mengatur ukuran dan jarak antar widget/icon pada home screen. Nah, jika Anda orang yang gemar merapikan aplikasi dalam satu folder, Nova Launcher menawarkan kustomisasi folder yang lebih lengkap dibanding launcher-launcher lain di Play Store.

Pada bagian dock, Anda dapat mengatur jumlahnya hingga maksimal 7 buah dock dalam 1 layar home screen. Dock tersebut dapat dibuat lebih interakif dengan memilih opsi scrolling dock. Ketika opsi ini dinyalakan, Anda dapat menggeser dock tersebut ke kiri dan kanan untuk menampilkan susunan dock berikutnya tanpa merubah posisi halaman.

Tampilan dari halaman menu aplikasi juga dapat dipercantik dengan menambahkan efek perpindahan halaman. Nah, di versi berbayarnya ini ada fitur yang cukup unik, yakni Hide Apps. Seperti namanya, Anda bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Dan yang paling menarik dari Nova Launcher versi berbayar ini adalah fitur gesture. Lewat fitur ini, Anda dapat membuat shortcut perintah untuk membuka aplikasi atau widget hanya lewat sentuhan jari tangan. Membuka Messages dengan sapuan ke atas, misalnya? Atau mungkin ingin membuka game favorit hanya dengan sapuan ke bawah? Semua dapat Anda atur sesuka hati.

Kesimpulan

Keberadaan launcher yang kompatibel dengan Ice Cream Sandwich (ICS) saat ini memang belum banyak ditemukan di Google Play. Meski secara sekilas tampilannya hampir serupa dengan launcher standard ICS, namun dengan dukungan kustomisasi yang banyak (terutama fitur gesture) serta performanya yang nyaris tanpa lag cukup memberikan penyegaran bagi Anda yang telah bosan dengan launcher standard ICS. Sayangnya, Nova launcher hanya kompatibel untuk OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich maupun custom ROM berbasis Ice Cream Sandwich lainnya. Nova Launcher Prime dapat Anda miliki dengan harga sekitar US$ 4. Namun jika Anda memilih versi gratisnya, fitur-fitur menarik seperti gesture dan hide app tidak dapat dinikmati. Selamat mencoba!!

Verified by MonsterInsights