Review: Logitech Bluetooth Tablet Keyboard for Android 3.0+

svg%3E

Ketika saya sedang mengulas Samsung GALAXY Tab 8.9, beberapa pembaca menanyakan soal ketersediaan keyboard dock Samsung yang pada waktu itu termasuk jarang. Nah, jika Anda benar-benar membutuhkan aksesoris keyboard ini untuk menunjang aktivitas, maka produk baru dari Logitech berikut yang dapat menjadi pertimbangan.

 

Secara garis besar, keyboard ini terdiri dari 2 bagian yang saling melengkapi. Pertama adalah bungkus (case) yang sekaligus berfungsi sebagai sandaran tablet, berapa incipun ukuran layarnya. Yang kedua adalah keyboard. Saat keyboard dimasukkan ke dalam case, tombol-tombol pada keyboard otomatis akan aman dari risiko tertekan ketika dimasukkan ke tas. Tampilan case-nya juga menarik dengan warna hitam yang elegan, cocok juga bagi para pebisnis.

Di bagian belakang, terlihat logo Logitech – Tablet Keyboard for Android 3.0+. Selain itu, di masing-masing ujung serta bagian tengah sisi bawah, terdapat bantalan karet untuk menjaga stabilitas papan ketik Anda ketika diletakkan di atas meja yang licin sekalipun. Tak ketinggalan adalah tombol Connect untuk menghubungkan keyboard dengan tablet Anda.

Di bagian depan, terdapat indikator Bluetooth dan Baterai serta tombol switch ON/OFF. Untuk sumber energi, Logitech Tablet Keyboard menggunakan 4 buah baterai AAA yang sudah disertakan dalam paket pembelian. Saat penggunaan pertama kali, cukup tarik saja 2 plastik penghalang antara baterai dengan konektor tanpa perlu membuka penutup baterainya, dan keyboard siap untuk digunakan.

svg%3E

Untuk bagian case sekaligus penyangga, Anda harus mengaitkan bagian bawah dengan salah satu sisi sehingga penyangga dapat berdiri tegak. Caranya bisa Anda lihat pada video di bawah. Sementara itu untuk menghubungkannya dengan tablet, cukup nyalakan keyboard, lalu aktifkan Bluetooth di tablet, serta lakukan pencarian. Setelah terdeteksi, pilih dan tekan tombol Connect pada keyboard. Selesai. Layaknya Bluetooth pada umumnya, jarak maksimum kedua perangkat ini tak lebih dari 10 meter pada ruangan yang sama.

Secara umum, tombol-tombol pada keyboard ini sangat nyaman digunakan. Anda yang pernah menggunakan keyboard PC Logitech, pasti akan mendapatkan feel yang sama. Walaupun terasa agak “dangkal”, tapi kami dapat mengetik nyaris secepat di keyboard komputer. Yang pasti, keyboard ini akan membantu Anda mengetik lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan dengan keyboard virtual. Oh ya, Anda juga dapat menggunakannya dengan smartphone Android.

Namun aksesoris ini juga tak luput dari kekurangan. Desain case yang tetap “memperlihatkan” sedikit bagian dari keyboard ini menjadi blunder Logitech. Yang saya alami, ada sedikit bagian terkelupas di sisi yang menonjol ini sehingga agak mengganggu penampilannya. Padahal, keyboard baru dipergunakan beberapa kali saja. Mungkin terkena goresan saat dibawa di dalam tas, sehingga Anda perlu lebih teliti dalam menempatkan Logitech Tablet Keyboard bersama benda-benda lainnya saat dibawa di dalam tas.

Verified by MonsterInsights