Review: Seagate GoFlex Satellite

Setelah diluncurkan akhir bulan lalu, Seagate GoFlex Satellite, sebuah harddisk portabel berbasis WiFi, mampir ke meja redaksi yangcanggih. Dengan GoFlex Satellite, Anda bisa berbagai konten multimedia dengan pengguna smartphone, tablet, maupun laptop dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Lalu bagaimana cara kerja dan performanya?

svg%3E

Seagate GoFlex Satellite disertai dengan begitu banyak aksesoris penunjang. Mengingat untuk menjadikannya tetap “mobile”, Anda membutuhkan beberapa hal penting terutama yang menyangkut dengan asupan daya. Nah, aksesoris yang disertakan dalam paket pembelian GoFlex tak jauh dari itu, seperti adaptor isi ulang ke mobil, berbagai tipe colokan ke steker, kabel data dan charger itu sendiri.

svg%3E

Secara dimensi, GoFlex Satellite tergolong sangat ringan dan ringkas, serta tidak menimbulkan kesan “ribet” untuk digunakan. Dua lampu indikator ada di kanan bawah bagian penampang atas, masing-masing untuk menunjukkan status jaringan Wi-Fi dan baterai. Konektor pengisi dayanya terletak di sisi kiri bawah GoFlex Satellite, sedangkan konektor penghubung ke USB tersembunyi di balik penutup sisi bawah bodi, yang dapat dibuka dengan cukup mudah.

svg%3E

Nah, sebelum menggunakannya di smartphone atau tablet Android & iPad, ada baiknya Anda mengunduh aplikasi khususnya terlebih dahulu yang bisa didapatkan dengan gratis. Dengan mengetik “GoFlex” di kotak pencarian Play Store, saya langsung menemukan aplikasi Seagate GoFlex Media app untuk tablet Android Honeycomb, yang menjadi sarana pengujian kali ini.

Setelah aplikasi terinstal, nyalakan GoFlex Satellite dan tunggu hingga lampu indikator Wi-Fi berkedip biru. Sementara itu, putuskan koneksi Wi-Fi Anda sebelumnya, lalu lakukan pencarian perangkat Wi-Fi baru dan pilih GoFlex Satellite. Selama Anda terhubung ke GoFLex, Anda tidak bisa berselancar ke dunia maya menggunakan koneksi Wi-Fi. Namun jangan khawatir, jika memang dibutuhkan, Anda masih bisa browsing menggunakan 3G bila perangkat mendukung. Untuk pengguna desktop PC atau notebook, konten GoFlex bisa diakses dengan mengetik www.goflexsatellite.com di peramban setelah terhubung via Wi-Fi. GoFlex dapat terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus, dan hebatnya, perangkat-perangkat tersebut dapat mengakses file yang berbeda tanpa mengganggu satu sama lain.

Sebenarnya Seagate telah mengeluarkan firmware terbaru yang mendukung fitur multiple connection, sehingga memungkinkan perangkat Anda untuk terhubung ke pancaran Wi-Fi lain walau sedang terhubung ke GoFlex Satellite. Namun pada perangkat yang kami uji, hal itu belum memungkinkan.

Beginilah kira-kira proses koneksi tablet PC (Huawei MediaPad) dengan GoFlex Satellite, dan pengaksesan konten-konten di dalamnya.

Transfer Data
Salah satu keunggulan GoFlex adalah penggunaan USB 3.0 sehingga memungkinkan transfer data dari PC ke GoFlex berlangsung lebih cepat. Ketika saya memasangkannya dengan ASUS X44H yang juga memiliki port USB 3.0, waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan file sebesar 2.6GB tidak sampai 2 menit. Anda dapat melihat prosesnya pada video di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 1,8 juta, Seagate GoFlex Satellite cocok menjadi media sharing center bagi Anda yang sering berpergian jarak jauh dengan keluarga menggunakan mobil, misalnya, atau untuk penggunaan di rumah dan kantor kecil. Namun dengan daya tahan baterai maksimal hanya 5 jam, GoFlex Satellite sangat bergantung dengan steker listrik. Apalagi waktu tersebut bisa jauh berkurang jika perangkat yang tersambung dengannya lebih dari 5 device.

Jika Anda tertarik, GoFlex Satellite sudah bisa didapatkan di iBox, EMAX, eStore, Bhinneka.com, Blibli.com, Revolution.co.id, atau kunjungi untuk daftar lengkapnya. GoFlex Satellite yang Anda beli akan mendapat garansi selama 2 tahun.

Verified by MonsterInsights