Review TSF Shell Launcher

Salah satu keunggulan dari para pengguna Android alias “robot hijau” adalah adanya kebebasan untuk mengkostumisasi tampilan smartphone mereka menggunakan beragam launcher yang banyak beredar di Google Play. Nah, jika Anda sudah pernah mencoba semua launcher populer seperti Go Launcher EX, Launcher Pro, ADW Launcher hingga yang berbayar dengan tampilan sangat keren seperti SPB Shell 3D, kini hadir launcher baru bernama TSF Shell Launcher yang sarat fitur menarik.

Tampilan home screen

svg%3E

TSF Launcher menyediakan 5 tampilan home screen. Yang pertama adalah Home screen utama berisi sederetan icon aplikasi yang ada di perangkat Anda dengan tampilan 6 baris dan 5 kolom. Jadi dalam satu tampilannya akan tersedia 30 icon aplikasi. Jika aplikasi Anda berjumlah lebih, maka akan tersedia pada halaman berikutnya.

svg%3E

Pada tampilan home screen utama ini, perlu diingat Anda tidak dapat melakukan kostumisasi icon seperti mengatur tata letaknya dan membuat folder. Kustomisasi home screen baru dapat dilakukan pada 4 home screen yang tersisa. Namun Anda tidak perlu bersedih, sebab pada home screen utama TSF menyediakan opsi efek perpindahan halaman yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

svg%3E

Dan untuk melakukan perpindahan antar home screen Anda dapat menekan tombol yang berada di pojok kiri bawah dan pilihlah home screen mana yang ingin Anda gunakan sebagai tampilan utama.

svg%3E

Pada setiap tampilan home screen TSF Shell Launcher disertai dengan menu widget yang berisi pilihan widget dari launcher ini. Menu widget dapat Anda temukan di bagian kiri layar dengan icon yang dapat dipindah-pindah posisinya. Widget TSF Shell Launcher tersedia dalam pilihan sebagai berikut.

svg%3E
svg%3E

Yang pertama dengan icon “smile” berisi widget seperti phone, messanging, kamera, clock, play store, settings, internet dan gallery. Kedua, dengan icon “pin” berisi 3 aksesoris berupa tampilan grafis cloud, ghost dan pumpkin yang hanya berfungsi untuk memperindah tampilan layar. Ketiga, icon “gear” berisi tampilan widget folder, contact, memo, music dan weather. Dan yang terakhir icon “lamp” berisi berbagai widget seperti widget untuk mengatur density (ketajaman icon pada tampilan), help, wifi, bluetooth, airplane, dan ringer.

Kustomisasi Home Screen

svg%3E

Seperti yang sudah saya katakan diatas, pada home screen utama Anda tidak dapat melakukan kustomisasi. Kustomisasi baru dapat dilakukan pada home screen kedua hingga keempat yang dimulai dengan tampilan home screen kosong. Pada tampilan home screen kedua hingga keempat ini, Anda dapat melakukan banyak hal namun ada satu yang tidak dapat Anda lakukan yaitu berpindah halaman. Yup, pada TSF Shell launcher hanya home screen utama saja yang dihadirkan dengan satu halaman atau lebih sisanya pada home screen selanjutnya Anda hanya akan disediakan satu halaman.

Dimulai dengan tampilan kosong, Anda dapat mengkostumisasi tampilan home screen sesuai dengan keinginan Anda. Meletakkan icon-icon shortcut aplikasi dapat Anda lakukan dengan sangat cepat dan mudah hanya dengan mengakses home screen utama, pilih aplikasi yang ingin Anda letakkan pada home screen lainnya, tahan aplikasi tersebut dengan jari Anda lalu tarik ke home screen yang dituju. Jika ingin membuang icon aplikasi tersebut, Anda dapat menariknya ke pojok kanan bawah.

Selain dapat meletakkan icon-icon aplikasi, Anda juga dapat meletakkan beragam widget dari aplikasi atau widget-widget yang disediakan oleh TSF Shell launcher. TSF Shell launcher hadir dengan 2 fitur utama yang menjadikannya unggul dari launcher yang lain yang meliputi:

svg%3E

1. Positioning (Tata Letak)

Dengan TSF Shell Launcher Anda bebas meletakkan icon-icon shortcut aplikasi pada posisi apapun di home screen. Dikarenakan launcher ini telah mendukung perintah multitouch, Anda juga dapat memutar posisi icon dengan cara jari telunjuk menahan icon aplikasi dan jari tengah memutar iconnya.

svg%3E

2. Select

TSF Shell launcher menyediakan opsi select untuk menyeleksi icon-icon shorcut aplikasi. cara menggunakannya, sama seperti anda melakukan seleksi pada komputer menggunakan mouse. Anda cukup melakukan gerakan melingkar mencakup seluruh aplikasi yang dipilih dengan jari telunjuk pada layar kemudian opsi select tersebut akan muncul. Opsi select TSF Shell Launcher hadir dengan berbagai pilihan opsi yang mencakup arrangement, gather, multi choice, create folder dan delete. Dari semua opsi tersebut hanya opsi gather saja yang belum dapat digunakan.

opsi arrangement
opsi arrangement

svg%3E

Jika Anda ingin merapikan icon-icon, Anda dapat memilih opsi arrangement dan jika ingin disatukan dalam satu folder, opsi folder dapat dijadikan pilihan. Untuk memindahkan seluruh icon aplikasi secara bersamaan Anda dapat memilih opsi multi choice.

Kedua fitur inilah yang membuat TSF launcher sangat berbeda dengan launcher yang lain. Dengan memanfaatkan keduanya, Anda bebas melakukan kustomisasi home screen sesuai dengan selera Anda. Hasil akhir tampilan home screen TSF Launcher ala saya..

svg%3E

Performa

Uji Coba TSF Shell Launcher saya lakukan pada smartphone Android Samsung Galaxy Note yang memiliki ukuran layar besar 5.3-inci beresolusi 800 x 1280 pixels dan menggunakan prosesor Dual-core berkecepatan 1.4 GHz dengan RAM sebesar 1GB. Mengingat ukuran layar dan resolusinya yang tidak biasa, membuat Samsung Galaxy Note sedikit kesulitan menjalankan beberapa launcher yang tersedia di Google Play.

Namun, ketika menggunakan TSF Shell Launcher pada Samsung Galaxy Note, semuab erjalan dengan mulus. TSF Shell Launcher dapat berjalan dengan sempurna tanpa terasa adanya lag sedikitpun. Dengan kata lain, dapat disimpulkan TSF Shell Launcher dapat berjalan dengan baik pada smartphone yang memiliki resolusi layar cukup besar dan tidak umum seperti Samsung Galaxy Note ini. Pengujian pada perangkat lain juga sempat saya lakukan pada Motorola Droid X yang berspesifikasi lebih rendah, dengan hasil yang juga sangat memuaskan.

svg%3E

Kesimpulan

TSF Shell dari negeri tirai bambu ini memang sangat menarik dengan segala fitur yang ditawarkan walau harganya tergolong cukup mahal sekitar US$ 16.79. Ketersediaan widget ala TSF yang masih terbatas bukan menjadi masalah bagi launcher yang masih seumur jagung ini (baru dirilis awal maret). Kedepannya mungkin saja akan hadir beragam widget-widget lain sebagai tambahan mengingat TSF telah menghadirkan opsi Theme pada update versi terbarunya. Bagi Anda yang rela merogoh kocek untuk mendapatkan sebuah launcher menarik menggantikan launcher standar milik smartphone Anda TSF Shell boleh dimiliki.

Plus: Responsif, Fitur yang ditawarkan sangat oke.
Minus: Harga mahal, Widget masih sedikit, screen unlock tidak tersedia

Verified by MonsterInsights