Quantcast
AudioHome GadgetNewsVisual

New Apple TV: Hadirkan User Interface Baru dan Dukungan Full HD 1080p

new apple TV

The New iPad memang cukup fenomenal pada saat pertama kali diperkenalkan. Namun tahukah Anda, bersamaan dengan dirilisnya The New iPad, Apple juga merilis generasi terbaru dari Apple TV dengan nama New Apple TV.

New Apple TV merupakan sarana hiburan digital terbaru dari Apple yang hadir dengan berbagai peningkatan dari Apple TV sebelumnya. Dari segi fisik, New Apple TV masih mempertahankan desain Apple TV yang lebih dahulu dirilis dengan ukuran dan bobot yang serupa. Perbedaannya terlihat pada penggunaan chip single-core prosesor A5 menggantikan chip prosesor A4 pada Apple TV generasi sebelumnya. Perubahan ini diperlukan agar New Apple TV dapat memutar konten multimedia Full HD 1080p.

Selain itu, Apple juga melengkapinya dengan tampilan user interface ala iOS yang lebih sederhana. Anda akan menemukan sederetan icon warna-warni yang merupakan shortcut untuk Movies, TV Shows, Music, Computers, Setting. Tersedia juga dukungan fitur layanan streaming online seperti Netflix, MLB, NBA dan NHL. Sayangnya untuk streaming, sepertinya masih terbatas di beberapa negara saja.

Untuk menghubungkannya ke HDTV, tersedia port koneksi HDMI, dan berbagai port konektivitas lain seperti optical audio , Ethernet, Built-in IR receiver, Micro-USB, dan koneksi Wireless via Wi-Fi. Jadi Anda bisa mengalirkan konten yang ada di laptop ke Apple TV melalui Wi-Fi. New Apple TV telah dilengakpi fitur Airplay untuk menghubungkan Apple TV ke perangkat iOS seperti iPad dan iPhone. Selain streaming video, Anda juga dapat menduplikasi layar di iPad ke layar TV yang telah dihubungkan ke Apple TV baru ini. Ini akan sangat terasa saat bermain game keren seperti Infinity Blade.

Mengingat tidak ada fasilitas penyimpanan internal seperti hard disk di dalamnya, Apple TV memanfaatkan fitur iCloud untuk menyimpan seluruh data multimedia Anda lewat komputasi awan ala Apple ini. Dengan begitu, Anda butuh koneksi Internet untuk mengakses konten yang ada di iCloud ini. Karakteristik ini bisa dilihat sebagai kelebihan mengingat ini berarti Anda bisa menikmati Apple TV di mana pun selama ada koneksi Internet yang lumayan.

New Apple TV dibanderol dengan harga sekitar US$ 99 dan sudah tersedia bulan Maret 2012 di Amerika Serikat. Belum ada kepastian kapan akan hadir di Indonesia.

Back to top button