Quantcast
Mobile GadgetSmartphoneTips

Tips : Aktivasi ‘Satpam’ untuk Nokia Lumia

Sebuah ponsel tidak hanya berharga dari segi uang yang dikeluarkan saat membelinya, tetapi juga memiliki nilai lebih karena menyimpan berbagai data penting seperti jadwal kegiatan, foto serta kontak keluarga, kerabat dan rekan bisnis. Kebiasaan untuk menyimpan berbagai data penting di ponsel memang bukanlah sesuatu yang patut dihindari, tetapi perlu diwaspadai. Sayangnya tidak semua pegguna menggunakan sistem keamanan untuk mengamankan ponselnya.

Sistem pengamanan sangat diperlukan, karena tidak hanya kondisi ponsel dicuri saja, tetapi berlaku juga untuk kondisi ketika Anda lupa menaruhnya di suatu tempat yang bukan rumah Anda sendiri. Maka langkah pertama untuk menjaga keamanan data di Nokia Lumia adalah mengaktifkan password sebagai berikut :

1. Pada homescreen swipe ke kiri lalu cari menu Setting.
2. Pilih Lock + Wallpaper.
Securing Lumia 1
3. Setting waktu untuk mengaktifkan password. PIlihannya adalah 30 detik, 1, 3, 5, 15 dan 30 menit (waktu yang disarankan adalah 1 menit).
Securing Lumia 2
4. Tap pada bagian password, lalu masukkan kode password yang diinginkan.
5. Tap ‘done’.

Setelah mengaktifkan password, Anda juga harus mengaktifkan layanan ‘Find My Phone’. Layanan Find My Phone ini berguna jika Anda berada dalam kondisi kehilangan ponsel maka bisa melacak lokasi ponsel dengan dari map di https://www.windowsphone.com. Langkah untuk mengaktifkan layanan Find my Phone dengan cara sebagai berikut :

1. Pada menu Setting, pilih sub menu Find My Phone.
Securing Lumia 8
2. Pada layar akan tampil 2 box untuk ‘Connect to these features more quickly’ dan ‘Save my location every few hours for better mapping’.
Securing Lumia 7
3. Checklist kedua box tersebut.

Tidak hanya memberikan informasi lokasi ponsel, tetapi layanan ‘Find My Phone’ ini juga memberikan 3 alternatif pencarian lain yaitu mengaktifkan dering ponsel, mengunci dan mengirim pesan ke ponsel atau menghapus secara remote semua data dari ponsel jika kondisi kehilangan tersebut terjadi. Berikut adalah print screen find my phone dari website https://www.windowsphone.com.

Securing Lumia 3

Securing Lumia 4

Securing Lumia 5

Dan tampilan pesan yang akan muncul di ponsel Lumia ketika Anda mengaktifkan layanan pengirima pesan ke ponsel yang hilang adalah sebagai berikut :

Securing Lumia 6

Jadi..pastikan ‘satpam’ selalu aktif menjaga ponsel Lumia Anda. Selamat mencoba.

Artikel terkait

Back to top button