Apple iPad Generasi Ketiga: Dengan Retina Display dan Quad-Core GPU

svg%3E
Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu hadir juga. Setelah muncul berbagai gosip yang benar dan tidak benar, Apple iPad generasi 3 muncul juga. Uniknya, Apple hanya menyebutnya “the new iPad”, bukan iPad 3. Dilihat dari desain, nyaris tidak ada perubahan. Apple iPad Generasi 3 memiliki lebar dan panjang yang sama dengan iPad 2. Hanya saja iPad Generasi 3 ini sedikit lebih tebal (lebih tebal 1mm tepatnya) dan sedikit lebih berat. Sepertinya sebagian besar case iPad 2 akan dapat digunakan di iPad generasi terbaru ini, tidak seperti case iPad 1 yang sama sekali tidak bisa dipakai dengan iPad 2. Pada generasi ketiga ini, peningkatan yang dimasukkan memang tidak begitu terlihat dari luar, tapi lebih signifikan dibandingkan saat iPad 2 menggantikan iPad 1.

svg%3E
Retina Display
Baru-baru ini telah muncul Tablet Android yang mengusung layar dengan resolusi Full HD seperti Huawei MediaPad 10 FHD. Nah, kini Apple menaikkan lagi standar resolusi layar dengan menggandakan resolusi layar iPad 2 yang “hanya” 1024×768 pixel menjadi 2048×1536 pixel. Dengan resolusi ini, layar iPad Generasi 3 memiliki kerapatan 264 ppi (pixel per inci) sehingga gambar dan teks yang dihasilkan akan sangat halus. Perlu dicatat, kebanyakan TV Full-HD hanya memiliki resolusi maksimum 1920×1080 pixel (aspect ratio 16:9). Jadi resolusi layar baru iPad ini di atas Full-HD, tapi dengan aspect ratio 4:3. Apple juga memasukkan coating baru di permukaan layar untuk menangkal bekas sidik jari.

svg%3E
Chip Apple A5X Baru
Peningkatan resolusi layar memberikan tuntutan yang lebih berat terhadap prosesor dan chip grafis. Untuk mengatasi hal itu, Apple membekali iPad Generasi 3 ini dengan chip Apple A5X terbaru. Chip ini masih mengusung prosesor Dual-Core, tapi dengan chip grafis Quad-Core yang bahkan diklaim lebih cepat dari NVidia Tegra 3. Chip grafis inilah yang bertanggungjawab menampilkan gambar resolusi tinggi dengan mulus di layar Retina Display yang baru dan membantu menangani berbagai tugas saat merekam video Full-HD.

svg%3E
Kamera 5 Megapixel
Salah satu kekurangan di iPad 2 adalah kualitas kamera yang di bawah standar (baca:jelek). Di iPad versi baru ini, Apple cukup serius untuk urusan kamera. Kamera baru ini dilengkapi sensor back-illuminated 5 megapixel, autofocus, auto-exposure, serta mampu merekam video Full HD 1080p. Lensa juga diperhatikan dengan digunakannya lensa yang memiliki 5 elemen optik dan diafragma f/2.4. Juga terdapat filter infrared untuk menghasilkan warna yang lebih baik. Spesifikasi ini merupakan peningkatan drastis dibandingkan kamera iPad 2 yang sama dengan iPod Touch.
svg%3E

4G LTE
iPad Generasi 3 ini sudah mendukung koneksi 4G LTE. Fitur ini tampaknya belum dapat dipakai di Indonesia, walaupun Anda masih dapat menggunakan koneksi 3G. iPad baru ini mendukung teknologi DC-HSDPA (kecepatan downlink 42Mbps) dan HSPA+ (kecepatan uplink 21Mbps), tercepat untuk saat ini di sebuah perangkat mobile. Sayangnya kecepatan ini amat tergantung pada performa jaringan yang dipakai. Atau dengan kata lain, sulit diraih di jaringan telekomunikasi Indonesia. Konektivitas Wi-Fi juga masih dimilikinya, dengan fasilitas personal hotspot yang mengubah iPad menjadi hotspot Wi-Fi untuk perangkat lain.

Apple juga mengumumkan iOS terbaru versi 5.1 yang memberikan kemampuan mendikte (Inggris, Jerman, Jepang, Prancis) sebagai pengganti mengetik, fungsi hotspot untuk iPad, aplikasi kamera baru untuk iPad, dan sebagainya. Bicara soal baterai, Apple berhasil mempertahankan daya tahan baterai iPad baru ini di kisaran 10 jam.

Seperti iPad generasi sebelumnya, iPad generasi terbaru ini hadir dalam 6 versi yaitu Wi-Fi 16GB, Wi-Fi 32GB, Wi-Fi 64GB, Wi-Fi+4G 16GB, Wi-Fi+4G 32GB dan Wi-Fi+4G 64GB. Menariknya, harga yang ditawarkan sama persis dengan iPad 2 yaitu mulai dari US$499 untuk versi Wi-Fi dan US$629 untuk versi Wi-Fi+4G. Yang agak saya sayangkan, tidak ada pilihan kapasitas yang lebih besar. Ini penting mengingat dengan naiknya resolusi layar serta kualitas kamera dan video, maka aplikasi dan koleksi foto video yang disimpan akan membengkak. Sama seperti dua iPad sebelumnya, tidak ada slot memory card eksternal. Meskipun begitu, Apple iPad Generasi 3 sekali lagi memimpin persaingan tablet dunia dan saya prediksi kesuksesannya akan melebihi iPad 2.

Bagi rekan-rekan yang tinggal di AS, Kanada, UK, Perancis, Jerman, Swiss dan Jepang sudah dapat memesannya mulai hari ini. Apple iPad generasi ketiga akan mulai tersedia mulai tanggal 16 Maret 2012 di 10 negara seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Puerto Rico, Singapore, Swiss, Inggris and Amerika Serika. Akhir bulan Maret 2012, iPad baru ini akan bisa dibeli di Austria, Belgia, Bulgaria, Czech Republic, Denmark, Finlandia, Yunani, Hungaria, Iceland, Irlandia, Italia, Liechtenstein, Luxembourg, Macau, Mexico, Belanda, New Zealand, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol dan Swedia. Lagi-lagi Indonesia dilewatkan…

Verified by MonsterInsights