Review: Sony NEX-5N

svg%3E

Generasi terbaru dari Sony NEX-series resmi dirilis pada bulan Agustus 2011 lalu. Dan tidak perlu waktu lama, generasi penerus dari Sony NEX-5 ini telah hadir di Indonesia. Namun apakah kamera ini pantas untuk dimiliki dan bisa disetarakan dengan DSLR kelas entry yang ramai dipasaran? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Konsep dan Desain

Jika Anda ingat dengan Sony NEX-5 yang berhasil mencuri perhatian para pecinta fotografi di tanah air dengan teknologi yang diusungnya, Sony NEX-5N sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Sony NEX-5.

svg%3E
svg%3E

Dari desain body, Sony NEX-5N hadir dengan body yang sedikit lebih ramping dibandingkan dengan Sony NEX-5. Untuk genggaman, NEX-5N memiliki grip yang cukup besar dan mantap.

svg%3Esvg%3E

Pada bagian belakang Anda akan menemukan sebuah jog dial, dua buah tombol navigasi serta sebuah layar sentuh LCD berukuran 3.5-inci berteknologi Trublack yang dapat diubah sudut pandangnya ke atas atau ke bawah. Ini memudahkan saat kita ingin memotret subyek dari sudut yang unik atau sulit.

svg%3E

Sedangkan pada bagian atas, Anda akan menemukan dua buah speaker terintegrasi, tombol shutter, tombol on/off, slot untuk flash, serta tombol priview dan tombol rec untuk merekam video.

svg%3E

Di bagian bawah, terdapat slot kartu memori, dudukan tripod dan slot baterai.

svg%3E

Bagian samping kiri terdapat port mini HDMI untuk menampilkan hasil foto atau video di layar TV serta mini USB untuk transfer data.

Fitur dan performa

svg%3E

Dari segi fitur, Sony NEX-5N masih memiliki deretan fitur yang mirip dengan pendahulunya, NEX-5. Anda masih menemukan berbagai fitur unggulan Sony seperti fitur DRO, picture effect, dan fitur creative style yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto dengan efek unik.

svg%3E

Pada Sony NEX-5N tersedia 11 picture effect yang dapat Anda pilih meliputi toy cam, pop, posterization, retro, soft high-key, partial green, high contrast bw, soft focus, hdr painting, rich tone mono dan miniature auto. Sedangkan untuk creative style, Anda dapat memilih antara menggunakan style vivid, portrait, landscape, sunset, b/w (hitam putih) atau standard.

svg%3E

_DSC1223

Anda juga masih akan menemukan fitur sweep panorama yang menjadi Andalan Sony untuk mengambil foto landscape dengan view yang lebih luas. Penggunaannya cukup mudah; Anda tinggal menggeser kamera secara pelan-pelan ke samping dan NEX-5N akan menghasilkan foto dengan sudut lebih lebar. Selain itu terdapat fitur 3D Sweep Panorama yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto panorama 3D, namun hanya saja hasilnya baru dapat terlihat jika hasil foto dilihat di TV berteknologi 3D. Fitur 3D Sweep Panorama ini amat menarik, karena Anda tidak membutuhkan lensa tambahan untuk menghasilkan gambar 3D.

Performa

svg%3E

Lensa
Sony NEX-5N hadir dengan sensor Exmor™ APS HD CMOS sebesar 16.2 megapixel dan untuk Sony NEX-5N yang saya uji coba kali ini hadir dengan lensa standar Sony 18-55mm. Meski ini adalah lensa standar, namun hasilnya sangat baik dengan ketajaman dan tingkat kontras serta akurasi warna yang akurat. Jangkauan lensa kit ini cukup fleksibel untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memotret pemandangan sampai orang.

svg%3E

ISO
Sony NEX-5N menawarkan opsi ISO dari ISO 100 hingga ISO 25600. Bagaimana performa ISO pada Sony NEX-5N? Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat perbandingannya berikut.

svg%3E

Dari uji coba yang saya lakukan, performa dari Sony NEX-5N sangat baik dikondisi low light. Penggunaan ISO mulai dari 100 hingga 3200 tidak ada masalah dengan noise, tingkat ketajaman dan warna. Namun di ISO 6400 Sony NEX-5N masih dapat menghasilkan foto yang cukup tajam dengan tingkat noise yang masih bisa ditolerir. Sedangkan untuk ISO 12800-25600, mulai nampak terlihat adanya noise dan pada ISO 25600 ketajaman gambar mulai menurun dan noise juga terlihat jelas.

Burst shoot

svg%3E

Sama dengan Sony NEX-5, Sony NEX-5N juga hadir dengan fitur burst shoot. Hanya saja, kecepatan burst shoot pada Sony NEX-5N kini lebih ditingkatkan dengan kecepatan 10fps. Hasilnya? Sangat Cepat!! pada uji coba burst shoot, saya membawa Sony NEX-5N selama perjalanan menggunakan kereta Api. Dapat Anda lihat pada hasil foto diatas, Saya mengambil foto dengan burst shoot Sony NEX-5N diatas kereta yang sedang melaju dengan kecepatan sedang. Dengan burst shoot tersebut, meski kereta sedang bergerak saya masih dapat mengambil foto yang tetap tajam dan bebas blur.

svg%3E

Untuk mencoba burst shoot pada Sony NEX-5N, saya mencobanya untuk memotret petir saat kondisi cuaca buruk Jakarta beberapa waktu lalu.

Hasil foto NEX-5N lainnya (menggunakan lensa 18-55mm) dapat Anda lihat pada bagian gallery

Kesimpulan

Sebagai generasi penerus Sony NEX-5, Sony NEX-5N memang hadir dengan berbagai peningkatan. Sensor 16.2 megapixel, performa ISO yang lebih baik pada ISO tinggi, dan kecepatan burst mode 10fps yang lebih cepat dari seri pendahulunya membuat Sony NEX-5N sangat cocok dijadikan kamera untuk memotret aksi-aksi yang cepat atau sekedar untuk memotret moment liburan Anda.

Meski ini adalah sebuah kamera hybrid, dari hasil uji coba yang telah dilakukan, performanya sangat baik dikondisi lowlight atau diajak untuk fotografi outdoor. Lensa standarnya juga cukup tajam dengan tingkat akurasi dan saturasi warna yang akurat. Dengan kata lain, dari performa dan fitur yang ditawarkan Sony NEX-5N masih dapat disetarakan dengan kamera DSLR kelas entry yang banyak dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin mendalami dunia fotografi lebih jauh.

Walaupun harganya sekitar Rp 7 juta (sedikit di atas dibandingkan dengan DSLR kelas entry saat ini), NEX-5N tetap direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan sebuah kamera berukuran relatif mungil dengan kemampuan dan kualitas foto setara DSLR, lensa dapat digonta-ganti serta bobot yang tidak akan membuat pundak Anda pegal membawanya kemana-mana. Sistem NEX ini akan lebih sempurna jika Sony menyediakan lensa-lensa yang lebih bervariasi.

Sekilas spesifikasi Sony NEX-5N:

16.1MP “Exmor™” APS HD CMOS sensor
Layar Sentuh Xtra Fine LCD 3-inci Trublack Technology
11 Picture Effect modes
AVCHD Full HD video recording
Burst mode 10fps

Gallery hasil foto

_DSC1166

_DSC1073

_DSC0662

_DSC1225

_DSC1218

_DSC1193

_DSC1183

_DSC1181

_DSC1170

_DSC1159

_DSC1126

_DSC1125

_DSC1105

_DSC1056

Verified by MonsterInsights