Dragon Dictation dan Dragon Search: Lakukan Banyak Hal dengan Suara di iPhone

Lidya sedang menunggu boarding pesawat yang agak terlambat di Bandara Supadio, untuk kembali ke Jakarta. Ia baru saja bertemu dengan seorang klien bisnis di Pontianak. Sambil menunggu, ia mengirimkan email hasil pertemuan tersebut ke rekan kerjanya, John. Setelah itu, dengan menggunakan aplikasi Dragon Dictation, Lidya mengirimkan pesan singkat kepada John untuk segera menghubunginya jika sudah terima email tadi, sebelum ia masuk ke dalam pesawat.

Dragon Dictation dan Dragon Search adalah aplikasi besutan Nuance Communications yang telah diunduh oleh puluhan juta orang di seluruh dunia. Dengan kedua aplikasi tersebut, Anda dapat dengan mudah mendiktekan (merekam suara) untuk mengirim pesan SMS, email, membuat status di jejaring sosial, melakukan pencarian di mobile web, dan lainnya – seperti pada ilustrasi di atas. Aplikasi iPhone, iPod Touch, dan iPad ini resmi diperkenalkan di Indonesia pada akhir Januari lalu, tentu dengan dukungan Bahasa Indonesia, seperti dijelaskan Jason Stirling, Senior Vice President Nuance Communications wilayah Asia Pasifik berikut.

Dragon Dictation dan Dragon Search telah mengalami kesuksesan besar di Asia dan kami sangat gembira bisa mengembangkannya hingga ke Indonesia, yang merupakan negara ke-28 untuk peluncuran aplikasi Dragon. Popularitas aplikasi Dragon di seluruh dunia menunjukkan tingginya permintaan konsumen untuk bisa berinteraksi dengan suara (voice-enabled) dengan ponsel pintar mereka.”

Bagi pengguna iPhone 4S mungkin langsung teringat dengan asisten pribadi mereka, Siri. Namun, karena aplikasi Dragon tidak akan mengajak Anda “berdiskusi”, proses pengenalan suara maupun pencarian data dapat berlangsung lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu Anda ketika sedang menyetir, terburu-buru, atau saat sedang malas mengetik sekalipun.

Dragon Dictation dapat digunakan pada sistem iOS-5 dan memiliki fitur pop-up toolbar dengan ikon aplikasi (app icons) yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses email, SMS, status bar Facebook dan Twitter, ataupun clipboard. Dragon Dictation juga memiliki fitur Auto Save yang berfungsi menyimpan teks yang telah diucapkan ketika pengguna harus menerima telepon masuk saat sedang mendikte.

Sayangnya, selama beberapa hari proses review, meski sudah mendukung multibahasa, namun aplikasi Dragon Dictation belum dapat mengenali bahasa campur yang “harus kita ucapkan”. Misalnya, ketika kami mendiktekan, Saya mengupdate status ini dari iPhone 4S menggunakan aplikasi Dragon Dictation, maka pada preview yang keluar akan sedikit “ngaco”, seperti Saya mogok. Status ini dari iPhone 4 tes menggunakan aplikasi Graydon detention. Iya dong, masa kita harus mengatakan, Saya memperbaharui status ini dari iPhone 4S menggunakan aplikasi diktasi Naga?

Tetapi jangan khawatir, karena untuk pengiriman bahasa yang lebih sederhana (tidak harus baku), Dragon Apps ini dapat merespons dengan sangat baik. Yang perlu diperhatikan adalah, ketika Anda ingin menyisipkan tanda baca, Anda harus mengucapkannya seperti contoh berikut: Aku sudah sampai yah titik titik titik Aku memakai kemeja putih lengan panjang dan rok mini jeans koma duduk searah dengan kasir restoran titik Jangan sampai terlambat loh koma soalnya film-nya sudah mau mulai tanda seru Kamu sudah sampai mana sih tanda tanya.

Dragon Search adalah satu-satunya aplikasi dengan fitur Nuance yang unik dan inovatif, yakni Dragon Search Carousel, yang menghasilkan pencarian lebih cepat dan tepat dalam hitungan detik di beberapa channel sekaligus, termasuk Google, Yahoo!, Twitter, iTunes, Wikipedia dan YouTube. Keduanya tersedia secara gratis di App Store Apple Indonesia untuk jangka waktu tertentu dan mendukung berbagai bahasa yakni Inggris (AS, UK dan Australia), Jepang, Cina Mandarin, Taiwan Mandarin, Kanton, Korea, Hungaria, Denmark, Belanda, Finlandia, Eropa dan Perancis Kanada, Jerman, Italia, Norwegia, Polandia, Portugis Eropa dan Brasil, Rusia, Eropa dan Amerika Spanyol serta Swedia.

Kunjungi www.NuanceMobileLife.com atau ikuti akun twitter mereka di @NuanceMobile untuk update informasi lebih lanjut.

Verified by MonsterInsights