Review Acer Iconia Tab A101 3G

Acer Iconia Tab, Tablet PC yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Sebagai pelopor Tablet PC berbasis Android Honeycomb pertama di Indonesia, Acer Iconia Tab menjadi pilihan tersendiri di tengah maraknya pasar Tablet PC. Melengkapi jajaran Tablet PC mereka, Acer kembali merilis generasi terbaru dari Acer Iconia Tab, Acer Iconia Tab A101 3G yang dikemas dalam ukuran yang lebih kecil yaitu 7-inci. Seberapa hebat performanya? Simak ulasan kami berikut ini..

Konsep dan desain

Acer Iconia Tab A101 3G yang kami terima hadir dengan warna merah yang cukup feminim. Juga tersedia alternatif warna lain yaitu biru yang lebih cocok digunakan bagi para pria. Dari segi desain, bentuknya sendiri berbeda dengan Tablet PC lain yang umumnya hadir dengan desain kotak. Sentuhan melengkung pada tiap sudutnya memberikan ciri tersendiri dari tablet PC berukuran 7-inci ini. Finishing matte Iconia Tab A101 3G juga cukup rentan dengan bercak tangan dan sidik jari, meskipun cukup mudah dibersihkan dibanding produk dengan finishing glossy. Pada bagian belakang, Anda akan menemukan sebuah kamera 5 megapixel beserta flash.

Layar kapasif 7 incinya memuat resolusi 1024×768 pixel yang cukup nyaman digunakan di dalam ruangan. Di luar ruangan, layarnya cukup membuat masalah karena terlalu memantul. Untuk menggunakannya di bawah terik matahari, Anda harus mengatur tingkat gelap terang gambar pada kondisi maksimum agar tampilan layarnya dapat terlihat.

Di bagian atas layarnya, tersedia kamera depan 2MP dan bagian atas terdapat tombol power dan jack 3.5mm dan bagian bawahnya terdapat speaker, port HDMI, port microUSB, port AC adapter. Secara keseluruhan, peletakan tombol cukup rapi dan mudah dikuasai. Nilai tambah untuk semua port yang sudah tertanam dalam bodinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membawa adapter tambahan untuk menghubungkannya ke TV atau menggunakan microSD card.

Pada bagian samping kanan bawah, terdapat slot SIM Card dan slot microSD. Meski hadir dengan slot simcard, namun Acer Iconia Tab A101 tidak dilengkapi dengan fitur telephony. Ini membuat SIM card yang dimasukkan hanya dapat digunakan untuk berselancar di Internet. Sedangkan di samping kanan atas, terdapat tombol volume dan tombol untuk mengunci posisi layar.

Fitur dan Performa

Acer Iconia Tab A101 3G hadir dibekali dengan OS Android 3.2 Honeycomb terbaru sebagai sistem operasinya. Tampilan antarmuka Acer UI yang menjadi andalan Acer di produk tabletnya masih tetap dipertahankan dan dapat Anda nikmati dengan penambahan berbagai shortcut widget yang dapat dikostumisasi di halaman depan.

Acer Iconia Tab A101 telah dilengkapi berbagai aplikasi berguna yang dapat mendukung kegiatan Anda sehari-hari. Terdapat aplikasi Planner yang dapat menampilkan tampilan news, agenda, mail memos dalam satu tampilan halaman dan Social jogger yang mengintegrasikan fFacebook dan Twitter dalam satu aplikasi. Bagi yang hobi membaca, Acer juga telah menyertakan aplikasi e-book reader yaitu Lumiread.

Tablet Android yang belakangan ini beredar pada umumnya telah dipersenjatai dengan prosesor dual core dari NVIDIA, begitu juga dengan Acer Iconia Tab A101 3G yang sudah dipersenjatai prosesor NVIDIA Tegra Dual-core 1.2 GHz dan dipadukan dengan RAM 512MB. Saat diuji, performanya cukup gegas saat digunakan bermain game maupun membuka beberapa aplikasi sekaligus. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat test benchmark dari Acer A101 dengan data berikut ini:

Dalam hal multitasking, performanya cukup baik. Saat mengujinya dengan melakukan browsing dibarengi dengan memutar musik, ditambah membuka aplikasi lain seperti Social jogger dan Planner, kami merasa perpindahan antar aplikasi terasa cukup responsif. Kadang masih terdapat lag, namun tidak terlalu mengganggu keasyikan menggunakannya.

Acer Iconia Tab A101 3G hadir dengan fitur audio dan video yang cukup mumpuni. Meski performa speaker internalnya tergolong standar seperti Tablet PC lainnya, kemampuan audio Iconia Tab A101 3G didongkrak dengan opsi Dolby Mobile Stereo dan pilihan pengaturan equalizer yang cukup lengkap. Hal ini amat berguna saat Anda menghubungkan Acer Iconia Tab A101 3G ke TV layar datar.

Hasil Kamera

Sama seperti Tablet PC lain, Acer Iconia Tab A101 juga dilengkapi dengan dua kamera, 5 megapixel pada bagian belakang dan 2 megapixel sebagai kamera sekunder di bagian depan. Untuk hasil kamera dapat Anda lihat dibawah ini:

IMG_20111216_033501

IMG_20111216_033433

IMG_20111116_133110

IMG_20111216_033420

Dapat dilihat dari test foto di atas, performa kamera dari Acer Iconia Tab A101 di dalam dan luar ruangan terlihat kurang natural dengan tingkat akurasi warna yang kurang akurat dan condong berwarna agak kebiruan (Blueish). Kualitas videonya juga tergolong standar dengan kompresi file video .3GP meski merekam video pada kualitas HD.

Kesimpulan

Ukuran 7-inci merupakan ukuran yang sangat ideal bagi Anda yang mengincar sebuah Tablet PC. Meski performa kameranya di bawah rata-rata, namun dari sektor multimedia sendiri Acer Iconia Tab A101 dapat diandalkan untuk menikmati video berkualitas HD dan menikmati musik kesayangan di mana pun. Dengan harga sekitar Rp 3,5 juta, Acer Iconia Tab A101 3G hadir dengan desain yang memikat, performa dan kinerja yang jempolan serta telah disertai beberapa aplikasi Acer yang berguna seperti Planner dan Social Jogger.

Bagi Anda yang sedang mencari Tablet PC kelas menengah dengan fitur dan konektivitas yang mumpuni, serta layanan purna jual yang baik, Acer Iconia Tab A101 3G layak menjadi pilihan.

Plus:
– Bentuk Cantik
– Aplikasi bawaan seperti Planner dan Social jogger sangat membantu dalam beraktivitas
– Kinerja multitasking cukup responsif

Minus:
– Finishing matte pada bodi membuatnya terasa licin di tangan saat digenggam
– Layar memantul
– Performa kamera kurang baik

Verified by MonsterInsights