AndroidAplikasiTips

Tips: Jalankan Aplikasi Layar Penuh di Samsung GALAXY Tab

Samsung GALAXY Tab yang telah beredar di pasaran memiliki variasi layar 7 hingga 10.1 inci. Meski berbagai aplikasi sudah dioptimalkan untuk layar tablet, namun terkadang kita masih menemukan aplikasi yang tertampil tidak memenuhi layar (full screen). Hal ini bisa terjadi jika Anda mengunduh aplikasi dari sumber selain dari Market resmi. Sebab aplikasi yang ada di Android Market secara otomatis akan menyesuaikan spesifikasi layar pada perangkat yang Anda gunakan.

Contoh game yang tampil tidak optimal di layar GALAXY Tab

Nah jika alergi pada aplikasi yang “tanggung” seperti ini, jangan langsung terburu-buru menghapus aplikasi tersebut. Anda bisa mencoba satu cara yang akan kami tuangkan dalam tips singkat berikut ini. Sebagai catatan, kami menggunakan Samsung GALAXY Tab 8.9.

Pertama, masuk ke Android Market lalu cari software “Spare Parts”. Unduh & instal. Setelah itu buka dan cari opsi “Compatibility Mode” di bawah. Aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan seluruh opsi Pengaturan yang bisa Anda terapkan pada perangkat. Namun seperti Anda lihat pada gambar di bawah, aplikasi ini pun tidak kompatibel untuk layar GALAXY Tab 8.9.

Jika kotak opsi tersebut tidak tercentang atau nonaktif, centang atau aktifkan lalu reboot tablet Anda. Setelah itu masuk kembali ke Spare Parts menuju opsi Compability Mode, lalu nonaktifkan atau uncheck kotak tersebut. Setelah itu Anda boleh me-reboot kembali tablet Anda (opsional).

Selesai. Tampilan aplikasi yang sebelumnya tidak kompatibel pun saat ini sudah terlihat optimal, seperti pada aplikasi Spare Parts pada gambar di atas.

Komentar

One Comment

Close
%d bloggers like this: