Review: Sony Ericsson XPERIA Active

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 1

Sony Ericsson nampak ingin mencoba mencari celah lain dalam memasarkan produk smartphone Androidnya. Lewat XPERIA Active, segmen otomatis terarah ke mereka yang muda, aktif, namun tetap memperhatikan penampilan. Apalagi Active dibanderol dengan Live View, jam tangan berlayar sentuh yang juga befungsi sebagai notifikator berbagai aktivitas di ponsel. Apakah ini merupakan smartphone outdoor yang Anda cari-cari selama ini?

[tab:Desain & Tampilan]

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 2

Secara desain, Active sama sekali tidak seperti ponsel outdoor. Desainnya cukup unik, dengan adanya lubang kaitan yang “berdiri sendiri” di bagian bawah bodi, yang juga berfungsi sebagai pembuka casing belakang terluar. Di bawahnya terdapat sebuah penutup bodi belakang lagi yang berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam mesin, sehingga secara keseluruhan Active mempunyai 3 bagian yang dapat dengan mudah dipisahkan.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 3

Tak seperti kebanyakan ponsel lainnya, Active meletakkan jack 3.5mm dan port microUSB di bagian bawah, lengkap dengan penutup yang wajib digunakan saat Anda ingin mengajak Active beraktivitas di air. Sedangkan tombol daya sendiri berada di sisi kiri, serta tombol volume di sisi kanan. Tak ketinggalan 3 buah tombol sentuh sensitif di bawah layar dengan fungsi akses Kembali, Beranda dan Menu.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 4

Di layar Beranda, kita akan menemukan sebuah tampilan khas dari seri XPERIA dengan “pulau menu” kecil yang terdapat di masing-masing ujung layar, yang dapat Anda sunting sesuai dengan kebutuhan. Secara default, ada 5 halaman Beranda dengan berbagai widget yang disediakan seperti panggilan cepat ke kontak yang dilabeli dengan ikon Bintang, widget suara dan WiFi, tips maksimalisasi ponsel, widget pemutar lagu lengkap dengan album art serta kontrol musik, widget cuaca, gambar, dan banyak lagi lainnya.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 5

Hal itu berimbas pada minimnya pintasan pengaturan pada batang notifikasi yang hanya menampilkan nama operator dan pemberitahuan saja.

[tab:Fitur & Benchmark]

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 6

Berbagai fitur yang diharap mendukung aktivitas pengguna telah disuntikkan dalam Active lewat aplikasi-aplikasi seperti SportyPal Pro, Javelt, Walkmate, Flashlight dan Compass. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat memantau perkembangan latihan atau olahraga sehari-hari, mencari arah saat berpetualang di alam luar, bahkan menjadikan Active sebagai senter.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 7

Namun tak hanya itu, Active juga dilengkapi dengan Live View; sebuah “jendela” mini yang terhubung ke Active dan dapat Anda kenakan di tangan seperti layaknya jam tangan. Di sini, Anda dapat melihat informasi jika ada telepon atau SMS masuk, hingga notifikasi Facebook. Untuk memaksimalkannya, Anda memerlukan aplikasi tambahan yang dapat diunduh secara gratis dari Market.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 8

Beralih ke berbagai pengujian, saat dites dengan menggunakan Quadrant untuk menilai kinerja secara keseluruhan, didapat poin tertinggi 1555 yang masih berada di atas Nexus One atau bahkan Samsung Galaxy S.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 9

Tes Vellamo menghasilkan poin 914, berada di bawah 3 tablet ternama yakni Samsung Galaxy Tab 10.1, Acer Iconia Tab dan ASUS Transformer. Dari hasil ini dapat terlihat bahwa Active unggul di sektor Rendering dan Java Script, namun kurang di User Experience dan Networking.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 10

Dengan layar 3 incinya, Active mampu merespons hingga 4 sentuhan dalam waktu bersamaan. Ini berarti tak akan ada masalah saat Anda memainkan berbagai konten dan game di dalamnya yang membutuhkan lebih dari 2 sentuhan jari.

[tab:Multimedia]

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 11

Pemutar musik di Active memiliki tampilan yang cukup menarik. Tak heran mengingat nama besar Sony di bidang ini. Anda pun bisa mendapatkan skin yang berbeda saat orientasi layar berubah. Soal kualitas suara juga tentu saja tak mengecewakan, terutama dengan hadirnya Xloud yang bisa Anda maksimalkan ketika mendengar lagu beramai-ramai. Selain pengaturan keseimbangan suara (ekualiser), saat memutar lagu, Anda bisa memilih berbagai opsi yang ditawarkan seperti mencari lirik via Google, menonton video klip atau karaokean di YouTube, mencari info artis di Wikipedia atau mencari ekstensi lainnya.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 12

Beralih ke sektor kamera, resolusi 5MP mungkin tidak lagi istimewa dibawa oleh smartphone di kisaran harga Rp.2 jutaan. Namun apa yang membuat saya sangat antusias adalah kemampuan Active merekam video di dalam air. Sebelum ke sana, mari kita lihat dulu fitur pendukung kamera foto. Selain pilihan resolusi, terdapat scene recognition, touch capture, self timer, flash, geo tagging, continous auto fokus, smile detection dan 3D panorama yang baru optimal dilihat di layar 3D. Hasilnya tergolong rata-rata, baik di dalam maupun luar ruang. Oh iya, untuk pengambilan di ruangan minim cahaya, Anda masih bisa memaksimalkan peran lampu kilat.

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 13

Nah, beranjak ke sisi perekam video, ada hal menarik yang saya temukan dari hasil rekaman Active. Dulu ketika saya mereview ponsel outdoor Samsung Xtreme, hasil rekaman audionya sangat bergemuruh ketika ponsel dimasukkan ke dalam air. Namun apa yang Anda bisa dapatkan dengan Active jauh lebih baik. Selain resolusi HD yang mampu memproduksi video dengan halus, hasil audionya juga dapat diandalkan. Anda pun dapat tetap terhubung dengan kerabat sekaligus bersenang-senang di kolam renang bersama orang terdekat.

[tab:Kesimpulan]

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 14

Sesuai namanya, XPERIA Active memang dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Bayangkan saja begini: Anda sedang berjoging di atas treadmill di gym dengan Live View melingkar di tangan dan Active di dalam kantong celana. Ada panggilan telepon masuk. Sebelum mengambil ponsel, Anda tinggal mendekatkan lengan ke wajah untuk melihat siapa yang memanggil sebelum berhenti berlari dan mengangkatnya. Atau, apalagi jika bukan Anda masih bisa ngerumpi, update status, browsing internet, menonton video bahkan bernarsis ria di pinggir kolam renang tanpa khawatir ponsel rusak!

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 15

Sayangnya, bodi Active tidak didesain khusus tahan gesekan. Saat saya mengantungi Active di celana jeans, terdapat goresan yang cukup parah ketika tanpa sengaja motor saya jatuh hingga terseret beberapa meter. Bahkan setelahnya, sebagian layarnya menjadi rusak dengan bergaris-garis hijau. Jadi, jangan mengajak Active untuk berkegiatan ekstrim yah!

Pros:
(+) Waterproof
(+) Hasil video HD dalam air sangat baik
(+) Live View
(+) Aplikasi penunjang aktivitas
(+) Desain sporty
(+) Harga cukup terjangkau

Review: Sony Ericsson XPERIA Active 16

Cons:
(-) Layar terasa kecil
(-) Bodi tetap mudah tergores
(-) Live View mudah terlepas dari penampangnya

4 KOMENTAR

  1. Mengutip kesimpulan anda “Sayangnya, bodi Active tidak didesain khusus tahan gesekan. Saat saya mengantungi Active di celana jeans, terdapat goresan yang cukup parah ketika tanpa sengaja motor saya jatuh hingga terseret beberapa meter. Bahkan setelahnya, sebagian layarnya menjadi rusak dengan bergaris-garis hijau. Jadi, jangan mengajak Active untuk berkegiatan ekstrim yah!

    bagaimana dengan tes2 yang dilakukan pada xperia active ini?:
    http://www.youtube.com/watch?v=F92CvRflk18
    sama:
    http://www.youtube.com/watch?v=AXx6azfG4W8&feature=plcp&context=C3989efaUDOEgsToPDskKtZjpfS78XMD1btQi0IOYB
    dan:
    http://www.youtube.com/watch?v=GXB9k9vfPV8&feature=plcp&context=C3b4ca63UDOEgsToPDskIjtV8jyWbqpuXRkr26prnm
    Amazing liat video diatas, tapi setelah baca kesimpulan dari anda jadi mikir2…..

    • saya sudah menyaksikan ketiganya. untuk yang “Xperia Acitve crash test vs.Jeep Wrangler” dan “Xperia Active CrAsh Test! INCREDIBLE, AMAZING!!!” memang terlihat kekuatan dari Xperia Active, namun perlu dipahami bahwa yang menimpa pada saya adalah “accident”. pada video “Xperia Active, water test! funziona sempre!”, hanya tergolong “tes ringan” yang bahkan bisa dilalui oleh ponsel tanpa spesifikasi outdoor sekalipun. menurut saya jika dilihat dari price to perfomance, apa yang Anda dapatkan dari Xperia Active termasuk sangat worth.

Comments are closed.

%d bloggers like this: