HP TopShot LaserJet Pro M275: Printer Sekaligus 3D Scanner

svg%3E

Fungsi pemindaian pada printer umumnya dapat digunakan untuk memindai objek sebatas 2 dimensi saja. Namun, kini HP hadir dengan produk inovatif terbarunya, HP TopShot LaserJet Pro, sebuah printer laser dengan keunggulan dapat digunakan untuk memindai objek secara 3 dimensi.

Sebagai sebuah printer, HP TopShot LaserJet Pro M275 dapat digunakan untuk mencetak dalam mode hitam putih dengan kecepatan 17 halaman per menit, dan 4 halaman per menit pada mode warna. Printer ini dapat digunakan untuk memindai objek 2D dengan hasil pindai beresolusi 245 dpi dan 600 dpi jika digunakan pada mode copy.

svg%3E

svg%3E

Rahasia fitur 3D scanner pada HP TopShot LaserJet Pro adalah tersedianya sebuah lensa dan sensor kamera beresolusi tinggi yang terintegrasi pada printer ini. Ketika digunakan untuk memindai objek, kamera dan sensornya akan mengambil 6 gambar dari objek tersebut. Prinsip kerjanya yaitu dengan mengambil 3 gambar menggunakan flash dari sudut pengambilan gambar yang berbeda dan 3 gambar lainnya tidak menggunakan flash melainkan memanfaatkan cahaya ruangan disekitar pada tingkat eksposur yang berbeda. Hasil gambar tersebut lalu kemudian akan disatukan dengan hasil akhir menjadi sebuah gambar beresolusi tinggi.

Untuk lebih memudahkan pengoperasian, tersedia sebuah layar berukuran 3.5 inci untuk bernavigasi serta fitur lain seperti fitur Cloud yang dapat dimanfaatkan untuk mencetak gambar atau sekedar mengunggah dokumen ke web. Dengan fitur HP ePrint, Anda dapat mencetak gambar tanpa melalui komputer. Untuk para pengguna perangkat iOS, HP TopShot LaserJet Pro M275 juga telah mendukung fitur AirPrint yang dapat mencetak dari iPad, iPhone atau iPod yang Anda miliki melalui koneksi wireless.

HP TopShot LaserJet Pro M275 akan dijual dengan harga sekitar US$ 399.99. Sayangnya HP masih merahasiakan kapan produk inovatif mereka ini akan tersedia di pasaran.