Quantcast
AksesorisHome GadgetNews

Finder: Konsep Gadget Canggih Pencari Barang Hilang

Finder

Anda yang ceroboh mungkin akan berteriak girang setelah membaca artikel ini. Chu Wang, Qiujin Kou, Qian Yin & Yonghua Zhang sedang mengembangkan konsep sebuah gadget yang dapat membantu Anda dalam menemukan barang-barang di sekitar yang hilang karena terselip. Gadget canggih tersebut bernama Finder.

Sistem ini bekerja menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio, sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data dari jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.

Finder 2

Tiap tag RFID pada Finder diset dengan label stiker yang harus Anda tempelkan di benda yang Anda inginkan. Kemudian namakan menggunakan keyboard virtualnya, lalu simpan. Kelak, jika perlu untuk mencari benda tersebut, Anda tinggal ketikkan nama barang yang ingin temukan dan Finder akan memberi tahu di mana letaknya berdasarkan arah dan jarak dari tempat Anda berada.

Canggih bukan? Berharap saja gadget ini benar-benar diproduksi secara massal!

Back to top button