Quantcast
AndroidAplikasiTips

7 Aplikasi Agar Anda Tetap Produktif dengan Tablet Samsung

aps

Banyak pendapat menyatakan bahwa fungsi tablet tidak (atau setidaknya, belum) bisa menggantikan notebook atau laptop. Memang benar. Namun hal-hal sederhana termasuk membuat atau menyunting dokumen penting tentu sudah dapat dilakukan dengan optimal dengan menggunakan tablet plus perangkat tambahan berupa keyboard dock.

 

Seperti yang dapat Anda temui pada tablet milik Samsung, baik GALAXY Tab 7, 10.1 hingga 8.9. Ketiga tablet tersebut dapat dipasangkan dengan keyboard dock keren yang akan semakin membantu produktifitas Anda dalam bekerja. Bahkan 2 seri yang disebutkan terakhir akan terlihat seperti netbook ketika sudah dipasangkan.

Lalu aplikasi apa sajakah yang dapat membantu Anda untuk tetap dapat bekerja di kala jauh dari laptop atau PC tersebut? Berikut kami tampilkan 7 aplikasi Android yang dapat ditemukan di Android Market. Meski 6 di antaranya berbayar, namun beberapa aplikasi dapat Anda coba versi Trial-nya secara gratis.

Google Docs
Pengembang: Google Inc.
Harga: Gratis
Google Docs

Buat, sunting, unggah dan bagikan dokumen Anda dengan Google Docs. Tentu saja Google, sebagai penembang Android, memberikan aplikasi ini kepada penggunanya secara gratis. Mudah dalam membuat spreadsheets, unggah atau bahkan mengambil gambar dari teks dokumen Anda yang akan secara otomatis dikonversikan ke format Google Docs sehingga bisa diakses oleh kerabat Anda, adalah sekian dari beberapa fitur yang ditawarkan oleh Google Docs selain telah dikostumisasi secara khusus agar penggunaannya optimal pada tablet Honeycomb.

Android Office, Word DOC, CSV
Pengembang: Sibling
Harga: $5.99
Android Office

Di deskripsinya pada Android Market, Android Office menawarkan fungsi baca, sunting, urutkan (sort), cari dan kirim ke email jenis dokumen docs/docx, txt, xml dan csv. Nantinya aplikasi ini juga akan mendukung penuh fungsi Excel, penyunting PDF dan lebih banyak lagi yang akan dikembangkan. Android Office juga menjanjikan tak akan ada iklan di layar yang mengganggu Anda selama bekerja.

Smart Office
Pengembang: Picsel
Harga: $9.47

Picsel sudah lama kami kenal lewat produk-produk middle high Samsung dengan nama “Picsel Viewer” sekitar 6 tahun lalu. Seperti namanya, saat itu Anda dapat melihat berbagai berkas dokumen langsung dari layar ponsel yang kecil itu. Nah, di era Android, Anda juga dapat membuat file baru, menyunting dan berbagi berkas Word, Excel dan PowerPoint dengan SmartOffice dari Picsel. Secara garis besar fitur yang ditawarkan mirip dengan yang lain. SmartOffice pun akan mengenali jenis device yang Anda gunakan: apakah smartphone atau tablet, untuk memberikan UI yang maksimal.

ThinkFree Office Mobile
Pengembang: ThinkFree Mobile
Harga: $9.99

Dengan fungsi yang sama, ThinkFree Mobile menawarkan kelebihan pada kecepatan ketika mengunggah data serta waktu respons. Terdapat juga fitur manajemen file dengan fungsi sinkronisasi. Misalnya ketika Anda sedang bekerja dengan smartphone atau tablet, maka Anda dapat menyinkronisasikannya dengan PC atau notebook Anda.

Documents To Go 3.0
Pengembang: DataViz, Inc.
Harga: $14.99
DTG

Salah satu aplikasi dokumen yang paling sering ditemui pada device Android sebagai aplikasi bawaan. Maklum saja, DTG juga merupakan aplikasi office yang pertama kali tersedia di Android Market. Tak hanya melihat, namun Anda juga dapat menyunting berkas Microsoft Word, Excel dan PowerPoint yang diperkuat oleh InTact Technology. Selain itu, kirim dan terima sisipan (attachments) ke dan dari email (atau akun domain email lain) juga semakin mudah.

Quickoffice Pro
Pengembang: Quickoffice
Harga: $14.99
Quickoffice Pro web

Dengan Quickoffice, selain Anda bisa membuat, melihat, menyunting dan berbagi dokumen office, Anda juga bisa membuat footnote/endnote. Quickoffice menjanjikan loading file yang lebih cepat dan Anda akan dengan mudah mengirimkannya ke Google Docs, Dropbox, Box.net, Huddle, SugarSync, dan MobileMe.

OfficeSuite Pro 5
Pengembang: Mobile Systems
Harga: $14.99
Office Suite 5

Selain membawa fitur dasar sama seperti yang lain, OfficeSuite Pro 5 juga dapat disinkronkan dengan akun Google Docs Anda sehingga manajemen berkas Anda menjadi lebih mudah termasuk dalam mengirim sisipan dan remote files.

Artikel terkait

Back to top button