Touchscreen Braille Writer: Aplikasi Mengetik Inovatif Bagi Tuna Netra

svg%3E

Dengan adanya teknologi kehidupan manusia memang senantiasa dimudahkan. Di era Tablet PC seperti saat ini banyak berbagai aplikasi khusus yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam aktivitasnya. Dan kini hadir sebuah aplikasi pada Tablet PC yang dapat digunakan untuk membantu mereka yang mengalami kebutaan agar dapat juga menggunakan sebuah Tablet PC untuk mengetik.

Aplikasi ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan Adam Duran, Adrian Lew dan Sohan Dharmaraja pada ajang Summer Course di Universitas Stanford. Ketiganya berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang sangat inovatif dan tentu dapat membawa dampak yang besar bagi mereka yang mengalami masalah penglihatan.

svg%3E

Touchscreen Braille Writer merupakan aplikasi mengetik yang terdiri dari delapan buah tombol yang sama dengan standard keyboard braille pada umumnya. Yang unik dari aplikasi ini adalah, tombol-tombol tersebut baru akan muncul ketika delapan jari Anda menyentuh layar Tablet PC. Jadi dimana saja Anda meletakkan delapan jari pada permukaan Tablet PC, seketika keyboard tersebut akan muncul dan dapat digunakan untuk mengetik.

Saat ini, aplikasi Touchscreen Braille Writer dikembangkan untuk perangkat Apple iOS dan Android. Dalam tahap pengujiannya pada Tablet PC berbasis Android, aplikasi ini dapat dimanfaatkan pada aplikasi Mobile Accessibility yang memang ditujukan untuk mereka yang buta. Sedangkan pada perangkat berbasis iOS, aplikasi ini dapat bekerja lebih maksimal karena Apple memang telah menyediakan fitur Voice Over yang dapat digunakan bagi mereka yang mengalami keterbatasan penglihatan, disamping itu aplikasi ini pada perangkat iOS juga telah mendukung beragam gesture yang lebih baik seperti double-tap, drag dan flick.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat demo aplikasi ini pada video berikut:

Verified by MonsterInsights