INACTA 2011: Nokia Memajukan Perekenomian Indonesia Melalui Ekosistem Pengembang Aplikasi Lokal

svg%3E

Sebagai sponsor utama dari Indonesia ICT Award 2011 (INACTA 2011), Nokia Indonesia memperkuat komitmennya dalam mendorong pembangunan industri & bisnis pengembangan aplikasi lokal di Indonesia melalui ekosistem pengembang aplikasi lokal yang berkelanjutan.

INACTA 2011 merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada produk kreatif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak bangsa yang unggul. Diharapkan produk-produk hasil karya anak bangsa ini dapat menjawab kebutuhan produk dan jasa bidang TIK yang dibutuhkan di pasar domestik dan untuk kemudian dapat bersaing di pasar global.

Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia dalam rilisnya menjelaskan bahwa, salah satu cara perekonomian negara dapat berkembang dengan pesat adalah dengan membangun kekuatan wirausaha nasional. Menjalankan bisnis di Indonesia, Nokia selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi komunitas dan penduduk Indonesia secara keseluruhan. Melalui ekosistem yang berkesinambungan ini, Nokia Indonesia di bawah payung Nokia Developer melahirkan dan mengasuh wirausahawan bertalenta untuk memajukan industri dan bisnis pengembangan aplikasi dalam neger.

Berangkat dari komitmen ini, Nokia Indonesia berpartisipasi dalam INACTA 2011 dengan harapan dapat menginspirasi wirausahawan muda Indonesia untuk mengutilisasi era digital secara maksimal dalam memajukan perekenomian negara dan bersaing secara internasional.”

Nokia Indonesia telah berhasil mengedukasi dan menginspirasi 12.000 pengembang aplikasi Indonesia melalui lebih dari 60 seminar, workshop dan kompetisi di 12 kota. Selain itu, Nokia Developer juga bekerja sama dengan beberapa universitas, di antaranya Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, dalam program pendidikan pengembangan aplikasi dengan mengadakan program beasiswa, workshop dan memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk berkreasi di Innovation Lab.

svg%3E

svg%3E

Melalui ekosistemnya, Nokia Indonesia ini telah menghasilkan lebih dari 1.000 aplikasi lokal yang tersedia di Nokia Ovi Store dan dapat diunduh oleh pengguna Nokia di seluruh dunia. Pengguna dapat mengakses toko aplikasi ini menggunakan lebih dari 100 jenis ponsel Nokia, serta mengunduh lebih dari 47.000 konten menarik secara gratis maupun berbayar untuk konten eksklusif seperti Angry Birds, Celestial Navigator, dan aplikasi inovatif terbaru dari para pengembang lokal seperti Smash Mania, Movreak, Sajian Sedap, dan Manaya, sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality.

Symbian Belle dan Aplikasi Lokal NFC
svg%3E

Selain melalui edukasi, Nokia secara konsisten meluncurkan platform yang mendukung pengembang lokal untuk berinovasi dalam membuat aplikasi kompetitif. Platform pendukung terbaru dari Nokia adalah Symbian Belle, di mana terdapat pada smartphone Nokia 700 dan Nokia 600 dilengkapi dengan teknologi koneksi NFC.

svg%3E

Andrea Facchini, Director of Marketing Nokia Indonesia menjelaskan bahwa setelah menghadirkan fitur baru yang menarik untuk pengalaman pengguna Symbian hanya dua bulan lalu melalui Symbian Anna, Nokia mengembangkan platform ini lebih jauh dengan menghadirkan pengalaman pengguna Symbian yang paling kompetitif yang pernah ada.

svg%3E
Andrea Facchini, Director of Marketing Nokia Indonesia

Symbian Belle dan dua handset baru yang kami luncurkan ini, Nokia 600 dan Nokia 700, menunjukkan komitmen kami untuk terus menghadirkan produk-produk Symbian yang memungkinkan pengguna untuk memilih apa yang penting bagi mereka dalam hal pengalaman pengguna, desain, fungsionalitas dan harga. Ini tidak akan menjadi produk atau update terakhir yang kami hadirkan pada Symbian.”

Salah satu fitur Symbian Belle paling menarik adalah kemampuan NFC sekali-sentuh. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membagi kontak, video dan gambar dengan perangkat NFC lainnya, serta untuk koneksi dengan aksesoris berkemampuan NFC seperti speaker dan headset. Penggemar games juga mendapat manfaat dari kemampuan NFC dari smartphone terbaru, seperti membuka tingkat tambahan di Angry Birds atau menemukan pisau yang tersembunyi di Fruit Ninja hanya dengan saling menyentuhkan dua perangkat NFC.