Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Kindle Fire: Tablet Panas Rp 1 jutaan

Amazon Kindle Fire 7

Komputer tablet terus menjadi tren di tahun 2011 dan tampaknya akan terus berlanjut di tahun 2012. Sukses dengan produk e-reader alias perangkat pembaca buku digital, kini Amazon meluncurkan komputer tablet pertamanya yang berbasis sistem operasi Google Android. Amazon Kindle Fire ini rencananya hanya akan tersedia di Amerika Serikat, walaupun Anda mungkin akan dapat menemukannya di berbagai toko elektronik di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Amazon Kindle Fire1

 

Beberapa keunggulan Kindle Fire adalah harganya yang dibandrol sekitar US$199, ukuran layar 7 inci yang terbukti nyaman untuk dibawa dan membaca buku, serta tersedianya koleksi buku, film, dan musik yang disediakan oleh Amazon. Satu hal yang menarik; Konsep Kindle Fire bukanlah sebagai komputer tablet yang menjagokan spesifikasi atau teknologi terkini. Fire benar-benar diposisikan sebagai produk untuk konsumsi konten, bukan kreasi konten. Tidak ada kamera, slot memory card, atau akses Internet 3G. Untuk mengakses Internet dan katalog konten digital dari Amazon, Kindle Fire mengandalkan teknologi cloud untuk penyimpanan koleksi multimedia tanpa batas. Jadi, jika ingin membaca buku atau mendengarkan musik yang tidak ada di Fire, Anda tinggal terhubung ke Internet untuk mengakses media yang diinginkan. Amazon menyediakan fasilitas penyimpanan gratis tanpa batas bagi para penggunanya.

Untuk menjelajah Internet, Amazon menyediakan Silk Browser yang diklaim memiliki performa amat cepat. Cara kerja browser ini berbeda dengan kebanyakan browser lain. Silk mengalihkan sebagian bebannya ke Amazon Elastic Compute Cloud yang mendownload sebagian besar data yang berat, lalu mengirimkannya kembali ke Fire. Dengan begitu, jumlah request yang diminta saat membuka sebuah laman Web akan berkurang drastis karena sebagian besar ditangani oleh server Amazon. Fire hanya menampilkan versi ringan dari laman Web tersebut, yang telah dikirim dari server Amazon.

Bicara soal aplikasi, Fire sepertinya cukup tangguh mengingat telah dilengkapi prosesor Dual Core TI OMAP 4. Bahkan penggunanya bisa mendapatkan aplikasi dari Amazon App Store, sebagai alternatif dari Android Market. Yang disayangkan, sejak dulu tidak ada produk digital dari Amazon yang mampir secara resmi ke Indonesia. Semoga hal itu berubah dengan adanya Kindle Fire.

Satu komentar

  1. Kindle sudah menjadi produk terlaris tiap tahunnya. apalagi ditambah dengan kindle fire sebagai tablet murah. Bahkan berdasarkan survey, kindle fire lebih populer dibanding ipad

Back to top button