ASUS Eee PC X101 Launch: Netbook 10 inci Tertipis dan Teringan dengan Harga Terjangkau

svg%3E

Banyak pecinta laptop murah yang tentu tak asing dengan seri Eee PC dari Asus. Seri yang telah diluncurkan sejak 2007 ini (masuk ke Indonesia tahun 2008) memang memosisikan produk-produk laptop basic Asus dengan banderol sangat terjangkau bagi kebanyakan konsumen di Indonesia. Namun jika desain seri Eee PC saat itu tak terlalu menarik karena kaku dan berlayar sempit, maka kali ini Eec PC yang akhirnya dikategorikan sebagai netbook ini memiliki desain jauh lebih menarik dan layar lebih lebar.

Lihat saja dimensi dan bobot X101, memiliki ketebalan hanya 14.55mm, Anda bahkan bisa memasukkan netbook ini ke dalam amplop coklat yang biasa Anda temui di pasaran. Apalagi bobotnya juga ringan, hanya 920 gram alias tak sampai 1kg. Ditambah layar 10.1″ dengan resolusi WSVGA (1024×600) plus backlight LED, maka tak heran jika Asus meng-klaim produknya kali ini sebagai netbook 10 inci tertipis di dunia.

svg%3E
Juliana Chen, Bussiness Development Manager ASUS Indonesia

Juliana Chen, Bussiness Development Manager ASUS Indonesia menjelaskannya dalam acara peluncuran yang diselenggarakan di The Only One Club Mall fX, Jakarta.

“Meski smartphone sudah dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas online, namun netbook Asus Eee PC X101 dengan layar 10 inci yang lebih lebar, ketebalan hanya 14.5mm dan bobot 920 gram akan memberikan pengalaman online seutuhnya yang lebih lengkap dan nyaman.”

Meski berbanderol murah, spesifikasi yang ditawarkan Asus cukup menggoda. Lihat saja prosesor Atom terbaru dari Intel yang digunakan dengan RAM 1GB, 2 port USB 2.0, slot microSD, webcam dan SSD 8GB. Penggunaan SSD sendiri akan membuat waktu menyala (start-up time) dan respons ketika membuka sebuah aplikasi menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai, selain penggunaan layar LED, X101 juga telah dilengkapi dengan ASUS SHE (Super Hybrid Engine) sehingga memiliki waktu hidup hingga 4 jam.

svg%3E

svg%3E

MeeGo OS

Tak seperti kebanyakan netbook lainnya, X101 disuntikkan sistem operasi MeeGo yang dapat langsung dipakai ketika pertama kali digunakan, sehingga Anda tak perlu repot melakukan instalasi sendiri. OS ini akan membantu pengguna tetap terhubung dengan internet melalui antarmuka yang nyaman dan mudah digunakan.

svg%3E
Antarmuka MeeGo OS

Tak hanya itu, seperti halnya jualan utama kebanyakan ponsel-ponsel saat ini, X101 juga dilengkapi dengan aplikasi khusus Facebook, Twitter dan juga perpesanan instan, plus peramban Google Chrome. Masih kurang? Tambah saja sendiri dengan mengunjungi [email protected] dan asus appstore yang menyediakan berbagai aplikasi siap unduh.

Satu lagi poin plus dari netbook ini adalah pada sistem penyimpanan berbasis cloud bernama Dropbox yang membuat data-data penting Anda bisa diakses dari mana saja dengan dukungan perangkat lebih luas. Ini untuk menyiasati memori internalnya yang tergolong sangat kecil tadi.

ASUS Eee PC X101 telah tersedia di pasaran dengan harga US$199-209. Jika Anda menginginkan memori internal yang lebih besar, tersedia juga seri X101H yang memiliki HDD SATA 320GB dengan kisaran harga US$249-259.