Quantcast
AudioHome GadgetReview

Review: Panasonic SC-HC35

Saat ini, memilih sebuah perangkat micro Hifi untuk disandingkan dengan iPod atau iPhone ternyata bukanlah hal yang mudah. Selain merek dan kemampuan yang bervariasi, faktor desain juga akan menimbulkan dilema saat Anda dihadapkan oleh berbagai pilihan yang ada. Perangkat audio cantik dari Panasonic berikut yaitu Panasonic SC-HC35, siap merebut hati Anda untuk menjadi pasangan yang tepat berbagi musik melalui perangkat iPod atau iPhone di seluruh ruangan Anda.

[tab:Konsep&Desain]

G1L9255

Panasonic SC-HC35 hadir dengan tampilan body yang ramping dengan desain yang modern dan minimalis. Anda dapat menempatkannya di mana saja, diletakkan diatas meja atau digantung di tembok karena tersedia sebuah dudukan yang berfungsi untuk menempatkannya di tembok.

Dengan ketebalan hanya 69mm desain dan konsep yang ditawarkan memang patut mendapat pujian. Pasalnya meski perangkat ini kompatibel dengan iPod atau iPhone, Anda tidak akan menemukan docking iPod dibagian atas layaknya perangkat audio pada umumnya. Panasonic tetap mempertahankan tampilan SC-HC35 yang cantik dengan menyembunyikan letak docking iPod dibalik sebuah penutup yang mengusung konsep sliding door pada bagian depan.

G1L9232

Selain dihiasi sebuah sliding door yang berfungsi untuk membuka docking iPod dan CD, bagian depannya juga dihiasi oleh sebuah layar LCD kecil yang dapat digunakan untuk menunjukkan pilihan menu, serta dua buah speaker di bagian kiri dan kanan.

G1L9236

Pada saat sliding door iPod dibuka, dengan segera Anda akan menemukan sebuah docking iPod. Untuk meletakkan iPod tersedia sebuah pelatuk yang dapat digunakan untuk merubah posisi docking menjadi sedikit miring sehingga akan mempermudah Anda untuk memasang iPod ke docking tersebut.

G1L9239

Dan pada bagian sliding door sebelah kanan terdapat sebuah pemutar CD.

G1L9230G1L9228

Bagian atasnya terdapat berbagai tombol navigasi, seperti tombol power, tombol open/close untuk iPod, tombol iPod, tombol CD, tombol radio, tombol stop, tombol play/pause, tombol forward, tombol rewind, tombol volume dan tombol open close untuk CD.

G1L9240

Pada bagian belakang terdapat port USB, port aux dan port kabel jack 3.5mm yang tersembunyi dibalik sebuah penutup.

[tab: Performa]

SC HC25 fitur

Yang menjadi pertimbangan utama konsumen kebanyakan ketika memilih sebuah perangkat micro Hifi, selain desain, adalah faktor suara dan kelengkapan fitur. Pada umumnya sebuah perangkat micro Hifi yang kompatibel dengan iPod memiliki kualitas suara yang tergolong biasa bahkan terkadang hadir dengan komposisi bass dan treble yang tidak seimbang.Panasonic melengkapi SC-HC35 ini dengan speaker berkonsep bamboo cone speakers yang dilengkapi dengan digital Amp yang berfungsi untuk menghindari hilangnya signal data suara yang mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan meski sumbernya berasal dari iPod atau iPhone.

Untuk menguji kualitas suara pada SC-HC35, saya menggunakan koleksi-koleksi lagu MP3 dengan bitrate 320Kbps dalam settingan flat tanpa memanfaatkan fitur equalizer yang tersedia di iPod Touch. Lagu pertama yang saya dengarkan berasal dari genre pop yaitu Heart Skip a Beat dari Lenka. Di lagu ini SC-HC35 dapat menyajikan suara vokal yang tidak terlalu tebal namun tergolong jelas dengan komposisi bass dan treble yang seimbang. Suara-suara instrumen kecil seperti dentingan bel, suara efek synthesis, dan tepukan tangan yang memberi warna pada musik Lenka ini dapat disajikan dengan baik tanpa dominasi bass ataupun vokal yang berlebihan.

Uji coba kedua dilakukan untuk menguji kemampuan suara bass oleh karena itu lagu dari Black Eyed Peas-The Time (Dirty bit) menjadi pilihan saya. Pada lagu yang memang dominan dengan dentuman bass ini, SC-HC35 masih dapat menyajikan suara bass yang baik meski dentuman bass yang dihasilkan tidak terlalu bulat namun suara vokal masih terdengar jelas dan sangat baik pada jenis musik ini.

Pengujian kembali dilanjutkan dengan pemilihan lagu dari my chemical romance-Planetary Go. Pada jenis musik yang dominan dengan suara distorsi gitar dan teriakan-teriakan vokal yang mendominasi, SC-HC35 dapat menghasilkan suara-suara pada nada tinggi yang tidak menusuk telinga dengan kualitas yang tetap baik dan jernih. Suara petikan dan distorsi gitar terdengar dengan jelas, rapih dan seimbang dengan suara gebukan drum.

Terakhir pengujian saya lakukan dengan mencoba fitur equalizer yang tersedia. Kembali saya menggunakan lagu dari Black Eyed Peas-The Time (Dirty bit) dengan settingan EQ heavy. Dengan menggunakan settingan equalizer tersebut terbukti mendongkrak performa suara dari perangkat ini terutama dari sektor bass yang tadinya kurang “nendang” menjadi lebih “nendang”. Dengan dentuman bass yang lebih bulat, SC-HC53 masih dapat menghasilkan kualitas vokal yang baik walau terdengar sedikit menurun performa vokalnya namun tetap secara keseluruhan suara vokal masih terdengar jelas dan tidak terdominasi oleh suara bass tersebut.

[tab:Kesimpulan]

HC35 1

Sebagai sebuah perangkat audio rumahan berfitur CD, iPod dock dan radio, Panasonic SC-HC35 memang memiliki fitur yang tergolong lengkap. Selain dari sumber tersebut di atas, Anda juga dapat memanfaatkan slot USB untuk memutar file lagu langsung dari USB disk. Penggunaan settingan equalizer yang tersedia dalam 4 pilihan mode heavy, clear, soft dan vocal semuanya terbukti dapat meningkatkan performa suara dari Panasonic SC-HC35. Penggunaannya juga menjadi lebih mudah dengan dilengkapinya sebuah remote control dalam paket penjualannya.

Panasonic SC-HC35 dipatok di kisaran harga Rp 2,499 juta, cukup murah jika dilihat dari fasilitas yang diberikan. Dengan desain yang tampil cantik dan minimalis, fitur serta kualitas suara yang disajikan, perangkat ini dapat menunjukkan performa dan kualitas di atas rata-rata produk sejenis di kisaran harga yang sama.

[tab:Spesifikasi]
Playable Discs
CD, CD-R/-RW*1
CD-DADIDUKUNG
MP3*2DIDUKUNG
Audio System
Output Channel2ch
Power Output (RMS)
Total Power40W (1kHz, 6ohms, 10% THD)
USB
SlotADA
USB StandardUSB2.0 Full Speed
PlaybackADA
High Quality Sound
Digital Music Connection for iPod/iPhoneADA
SurroundADA
D.BassADA
Preset EQ4 (Heavy, Clear, Soft, Vocal) + Flat
Bass & Treble ControlADA
Easy to Use
Motorized Power Sliding Door(for iPod/iPhone and CD)
Wall MountingADA
LayarFluorescent
Networking
Universal Dock for iPod/iPhoneIntegrated
Tuner
Digital Synthesizer TunerYES
Station PresetsYES
Auto Tuning30-FM/15-AM
Others
Konsumsi Daya (Sekitar)28W
Ukuran (W x H x D)480 x 194 x 84 mm
Berat2.4kg
Back to top button