Miramax eXperience: Layanan Rental Film Melalui Facebook

svg%3E

Situs jejaring sosial Facebook dan distributor film Miramax bekerja sama untuk menyediakan layanan rental (penyewaan) film untuk ditonton secara online. Dengan aplikasi yang bernama Miramax eXperience ini memungkinkan para facebooker untuk menonton film melalui halaman Facebook-nya masing-masing. Langkah Miramax ini mengikuti jejak beberapa distributor film lainnya seperti Paramount, Universal dan Warner Bros yang sudah terlebih dahulu membuka ‘lapak’ di FB.

Sebanyak 20 judul film siap disewakan oleh aplikasi Miramax eXperience ini. Namun, sementara layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat. Miramax eXperience sudah diluncurkan di Amerika Serikat pada tanggal 22 Agustur 2011 lalu. Rencananya dalam waktu dekat, 10 judul akan disiapkan untuk debutnya di Inggris, Turki, Perancis, dan Jerman.

Untuk menyewa film ini, pengguna mesti merogoh 30 kredit Facebook atau kurang lebih senilai USD 2,99. Periode rental berlaku selama 30 hari namun pengguna hanya punya waktu 48 jam untuk menyelesaikan film yang telah diputar. Selain bisa ditonton melalui komputer atau laptop, film-film pada Miramax eXperience juga bisa ditonton melalui iPad atau Google TV.

Berikut adalah daftar 20 judul film yang siap dirental melalui layanan aplikasi Miramax eXperience di wilayah Amerika Serikat:

1. Adventureland
2. Chicago
3. Clerks
4. Cold Mountain
5. Extract
6. From Dusk Till Dawn
7. Gangs of New York
8. Gone Baby Gone
9. Good Will Hunting
10. Jackie Brown
11. Kill Bill: Vol. 1
12. Kill Bill: Vol. 2
13. No Country for Old Men
14. Pulp Fiction
15. Shall We Dance (2004)
16. Sin City
17. Spy Kids
18. Swingers
19. The Switch
20. Trainspotting

Menurut situs resminya, Miramax memiliki rencana besar dengan membawa film-filmnya ke Facebook. Mereka berharap jumlah film akan terus bertambah, dan wilayah yang bisa mengakses juga lebih banyak. Miramax bahkan bercita-cita membuatkan pelanggannya semacam ‘loker video virtual’, dimana pelanggan dapat menyimpan file film-film yang telah dibeli, sehingga dapat menonton dari manapun dan kapanpun mereka mau.

Dengan kekuatan Facebook, Miramax juga ingin memberikan pengalaman sosial bagi pengguna. Di Facebook, nantinya, Miramax juga akan membuat layanan lainnya termasuk game yang bisa memungkinkan pengguna memberi peran tertentu dalam film bersama temannya.

Belum ada pengumuman resmi apakah layanan Miramax eXperience ini juga akan hadir di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Namun, dengan jumlah pengguna Facebook yang termasuk terbesar di dunia (plus banyaknya pecinta film di negeri ini), semestinya Miramax juga mempertimbangkan Indonesia sebagai salah satu negara yang dapat menikmati layanan rental film ini. Kita tunggu saja…

svg%3E

Verified by MonsterInsights