DSLR Controller(Beta): Mengendalikan Kamera DSLR Dengan Perangkat Android

Pemilik perangkat iOS mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengendali kamera DSLR. Walau sedikit merepotkan karena membutuhkan perangkat PC atau Mac sebagai media penghubung, tapi setidaknya aplikasi ini memberikan kemudahan saat memotret dengan DSLR.

Kini pemilik perangkat Android juga dapat mengendalikan kamera mereka melalui perangkat Android. Sebuah perusahaan pengembang bernama Chainfire XDA telah membuat sebuah aplikasi pengendali kamera khusus perangkat Android yaitu DSLR Controller.

Yang membedakan DSLR Controller dengan aplikasi sejenis pada perangkat iOS, DSLR Controller tidak memerlukan PC atau Mac sebagai media penghubung. Anda tinggal menghubungkan kamera DSLR ke perangkat Android melalui kabel USB. Lalu, perangkat Android akan bisa menjadi pengendali kamera DSLR tersebut.

Berbagai pengaturan dapat dilakukan melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan pengaturan White Balance, mode pengambilan gambar, mengganti ISO hingga menentukan titik fokus yang semuanya dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Aplikasi ini masih dalam tahap beta dan baru mendukung kamera DSLR merek Canon. Semoga saja akan ada update untuk versi iOS dan mendukung kamera merek lain.

Verified by MonsterInsights