AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G: Lensa Makro Terbaru Nikon dengan Harga Terjangkau

svg%3E

Nikon selama ini dikenal cukup konsisten dalam membuat berbagai lensa baru dengan format DX, atau lensa yang dibuat khusus untuk kamera DSLR bersensor APS-C (non full frame). Bagi penyuka fotografi jarak dekat (makro), selama ini pemilik DSLR Nikon agak kesulitan dalam memilih lensa makro idaman karena harganya yang lumayan mahal. Maka dari itu, kehadiran lensa makro murah adalah laksana impian pemilik Nikon DX sejak dulu hingga kini.

Nah, beberapa waktu lalu Nikon tampaknya mewujudkan impian itu dengan meluncurkan sebuah lensa makro baru dengan harga yang terbilang cukup murah. Lensa yang diberi label AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G dirilis ke pasaran dengan bandrol harga hanya USD 279,95 atau sekitar Rp 2,5 jutaan saja. Lensa yang fokalnya ekivalen dengan 60mm ini tampaknya cocok dijadikan lensa kedua bagi yang baru saja memiliki kamera DSLR Nikon dengan lensa kit.

Di kelas full frame, Nikon sudah punya dua lensa makro yaitu AF-S 105mm VR f/2.8 (Rp 8 jutaan) dan AF-S 60mm f/2.8 (Rp 5 jutaan), keduanya termasuk lensa mewah dengan Nano Coating. Untuk kelas DX, sebelumnya Nikon hanya punya lensa makro AF-S 85mm VR f/3.5 (Rp 5 jutaan) yang fokalnya mendekati 105mm.

Lensa AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G memiliki rasio reproduksi 1:1 dan jarak fokus minimum kurang dari 10 cm. Tidak seperti lensa makro sebelumnya, lensa kali ini berukuran cukup mungil dan sekilas mirip seperti lensa fix AF-S 50mm f/1.8 yang juga punya harga jual Rp 2,5 jutaan. Di dalam lensa ini terdapat 9 elemen lensa dalam 7 grup, di mana Nikon sudah menerapkan teknik Close Range Correction (CRC) Focusing dan Super Integrated Coating untuk mencegah flare.

svg%3E

Pada bagian depan lensa ini bisa dipasang dengan filter 52mm. Di bagian depan lensa ini juga terdapat ring manual fokus yang ukurannya pas, tidak terlalu kecil sehingga nyaman untuk dipakai. Sebagai info, manual fokus di lensa ini bisa dilakukan kapan saja berkat mode manual yang fleksibel. Lensa makro terbaru dari Nikon ini juga sudah dilengkapi oleh teknologi Silent Wave Motor. Teknologi ini memungkinkan pengoperasian autofocus yang tenang, penting untuk fotografi close-up pada hewan dan serangga.

Nikon memperkirakan lensa makro terbaru ini akan jadi salah satu lensa favorit bagi para pemula dan mereka yang punya dana terbatas. Lensa ini pun tidak hanya bisa dipakai buat makro saja, tapi cocok juga untuk potrait, candid bahkan landscape.

Spesifikasi Lensa AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G
• Minimum Aperture: f/22
• Angle of View on DX: 38?50’
• Number of Elements (Groups): 9 elements, 7 groups
• Minimum focus distance: 16 cm (6.4″)
• Reproduction ratio: 1:1
• Aperture Diaphragm Blades: 7
• Filter Thread: 52mm

Sampel foto dengan menggunakan lensa AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G
(sumber: imaging.nikon.com)

svg%3E
svg%3E
svg%3E
svg%3E
svg%3E
svg%3E

Verified by MonsterInsights