Tips: Belanja Aplikasi di Samsung Apps

Samsung Apps adalah sebuah toko virtual atau daring (online) yang bertujuan menyediakan berbagai aplikasi mobile yang hanya dikembangkan dan dipilih untuk Samsung. Samsung Apps tersedia untuk ponsel non-OS, Android OS maupun Bada OS. Pada ponsel non-OS Samsung keluaran terbaru, biasanya sudah tersedia launcher di menu utama. Namun buat Anda pengguna ponsel Samsung keluaran 2010 ke bawah yang tak memiliki launcher tersebut, jangan khawatir. Anda masih dapat mengaksesnya via internet ke alamat m.id.samsungapps.com.

svg%3E

Pada ponsel Android, Samsung Apps tidak memuatbanyak aplikasi. Maklum, hampir semua aplikasi Android telah disediakan di Android Market. Selain sebagai pelengkap, Samsung Apps di Android juga berfungsi sebagai update dari beberapa fitur bawaan pabrik pada ponsel tersebut. Sedangkan pada OS Bada, Samsung Apps bersifat sebagai penyedia aplikasi mirip dengan Android Market.

svg%3E

Nah bagaimanakah cara mendapatkan aplikasi dari wapsite Samsung Apps? Setelah masuk ke situs di atas, Anda akan masuk ke tampilan layar home Samsung Apps. Di sana terdapat banyak konten gratis yang bisa Anda pilih. Mencari berdasarkan nama? Ada kolom cari yang bisa Anda maksimalkan, kok. Jika ingin game Java, pilih saja banner Java Store yang ada di atas kategori.

svg%3E
svg%3E
Kategorisasi di Samsung Apps Store

Setelah masuk ke halaman baru, Anda bisa memilih beberapa aplikasi gratis maupun berbayar. Rata-rata aplikasi yang berbayar ini memiliki tarif Rp.15,000. Jika Anda memilih salah satunya, Anda akan dibawa ke halaman tulis pesan yang sudah terisi dengan format SMS dan nomor tujuan. Tinggal pilih Kirim, selesai.

svg%3E
Belanja aplikasi via SMS

Kami mengecek saldo pemakaian pulsa ke *887# (Telkomsel), ternyata pulsa yang terpotong sebesar Rp.16,500. Itu artinya harga tersebut belum termasuk pajak.

svg%3E
Harga belum termasuk pajak

Selain lewat situs mobile atau wapsite-nya, dari Launcher Samsung ber-OS Bada, Anda juga dapat memilih 2 metode pembayaran, yakni lewat tagihan telepon (jika Anda pelanggan pascabayar), potong pulsa (prabayar), maupun kartu kredit.

svg%3E
Metode pembayaran

Jika memilih kartu kredit, Anda diwajibkan untuk masuk terlebih dahulu menggunakan akun Samsung Anda. Setelah pembayaran dilakukan, Anda akan dikirimkan SMS berisi link ke tempat mengunduh aplikasi tersebut. Mirip dengan mekanisme di situs mobile-nya.

svg%3E
Proses pengunduhan
Verified by MonsterInsights