Pentax Q: Kamera Mirrorless Paling Mungil & Paling Ringan

Pentax tampaknya merupakan produsen kamera yang selalu memberikan inovasi pada kamera mereka agar selalu tampil berbeda. Kini Pentax kembali menghadirkan kamera jenis mirrorless terbarunya yaitu Pentax Q.

Kamera ini diklaim sebagai kamera terkecil di jajaran kategori kamera interchangeable lens. Ukuran Pentax Q hanya 98 x 57 x 31 mm dengan berat 200 gram (berikut baterai) sehingga cukup nyaman untuk dibawa kemana pun Anda bepergian.

Pada Pentax Q ditanamkan image stabilizer sensor CMOS berukuran 1/2,3 inci yang dapat menghasilkan gambar 12,4 megapixel. Kamera ini juga didukung dengan kemampuan merekam video berformat full HD dengan mode 1080p pada 30 frame per detik.

Yang cukup unik di Pentax Q adalah adanya sebuah tombol putar (dial button) di bagian depan yang bisa digunakan untuk mengakses fitur penting yang bisa kita set fitur mana saja yang akan ditampilkan. Pentax Q ini juga memiliki flash yang unik. Flash akan muncul (pop up) dengan posisi yang agak jauh dari lensa sehingga akan mengurangi masalah bayangan yang biasa sering terjadi bila flash terlalu dekat.

svg%3E

Meskipun bentuknya mungil, Pentax Q memiliki layar LCD yang cukup besar, yakni berukuran 3 inci. LCD ini mempunyai resolusi HVGA 460,000 dots yang memiliki viewing angles hingga 170? horizontal maupun vertikal. Kamera ini juga menyertakan mekanisme DRII (Dust Removal II) untuk membantu mengurangi bintik debu yang mengganggu dari foto yang diambil.

Pentax Q akan dirilis ke pasar Amerika Serikat pada musim gugur awal tahun ini dengan harga sekitar USD 799,99 (sudah termasuk lens kit 49mm) dengan pilihan warna hitam dan putih. Bagi yang ingin menambahkan viewfinder/ jendela bidik, Anda bisa mendapatkan Viewfinder O-VF1 eksternal dengan harga USD 249,95. Namun, hingga saat ini belum ada kapastian kapan kamera ini dipasarkan ke Indonesia.

svg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3Esvg%3E

Verified by MonsterInsights