Batmobile Live 2011: Mobil Batman Ramah Lingkungan

 

Di dalam kostum hitam Batman terdapat sosok Bruce Wayne. Di kesehariannya, Bruce Wayne dikenal sebagai seorang pengusaha sukses yang sangat peduli dengan lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan ini lantas dijabarkan ke dalam kendaraan sehari-hari Batman, yakni Batmobile.

Kendaraan ini dipersiapkan untuk pertunjukan live Batman yang diadakan di Eropa pada Juli hingga Oktober 2011 mendatang. Untuk itu, pihak penerbit Batman, DC Comics mempercayakan desainer mobil balap Formula 1, Gordon Murray untuk mendesain mobil super canggih milik pahlawan super tersebut.

Gordon Murray, pria asal Scotlandia ini pernah memimpin tim McLaren dalam mendesain dua mobil super: McLaren F1 dan Mercedes-Benz SLR McLaren. Untuk proyek DC Comics yang satu ini, Murray memutuskan untuk menggunakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan sebagai nafas operasi Batmobile, yakni dengan menggunakan bahan bakar hidrogen. Meskipun demikian, kehadiran afterburner ala jet tempur di bagian belakangnya tidak ditinggalkan.

Sama seperti mobil balap Formula 1, Batmobile ini memiliki body dari bahan fiberglass yang terkenal sangat ringan namun kuat. Murray juga memberikan kemudi Batmobile layaknya sedang berada di dalam kabin pesawat terbang. Selain itu tutup kabin pun dapat terbuka dan tertutup secara otomatis ke arah depan dan belakang. Kendaraan Batman terbaru ini pun lebih lancip dari kendaraan sebelumnya dan di dalamnya pun mobil ini lebih banyak menggunakan spoiler seolah-olah yang menggambarkan kendaraan ini pun memiliki sayap.

Selama beberapa dekade, desain eksterior Batmobile tampaknya terus berevolusi. Dari mobil tak beratap yang diperkenalkan dalam serial televisi Batman di tahun ’60-an, lalu desain mobil sport futuristik yang diperkenalkan dalam jajaran film Batman versi desainer Tim Burton, hingga mobil tangguh Tumbler versi Christopher Nolan. Batmobile versi Gordon Murray tetap mengandalkan desain mobil sport, tetapi mengusung desain yang lebih sederhana dibanding versi Tim Burton.

Untuk menambah kesan tangguh dan futuristik, Batmobile ramah lingkungan ini juga dilengkapi fitur lampu laser di bagian depan mobil, sonar, dan roda virtual. Roda virtual ini dapat menciptakan sebuah medan listrik bertegangan tinggi yang mengangkat mobil tersebut setinggi 40 milimeter dari tanah.

Anda ingin langsung menyaksikan bagaimana Batman beraksi dengan Batmobile terbaru ini? Simak saja jadwal lengkap pertunjukannya di www.batmanlive.com.

Verified by MonsterInsights