Quantcast
News

Panasonic Lumix DMC-GF3: Kamera Micro Four Thirds Paling Mungil

Lumix GF3 01

Panasonic kembali meluncurkan kamera seri Lumix G Micro System terbarunya yang diberi nama Lumix DMC-GF3. Dengan bobot hanya 222 gram (body only), kamera ini diklaim sebagai kamera terkecil dan teringan untuk jajaran kamera berjenis Interchangeable Lens.

Secara umum Lumix GF3 termasuk dalam kategori kamera Micro 4/3 (Micro Four Thirds camera). Kamera ini mengemas sensor Live MOS berkekuatan 12.1 megapixel. Dengan prosesor gambar Venus Engine FHD, menjadikan Lumix GF3 dapat meningkatkan kinerjanya dengan mengadopsi teknologi pengurangan noise baru untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.

Lumix GF3 memiliki rentang sensitivitas ISO mulai dari ISO 120 hingga ISO 6400. Kamera ini juga mempunyai 23 AF Points dengan kemampuan shutter speed hingga 1/4000 detik, yang membuatnya cukup handal saat digunakan untuk memotret obyek yang bergerak cepat. Lumix GF3 juga memiliki kemampuan merekam video Full HD 1080p (1920 x 1080) dalam format AVCHD.

Nantikan preview eksklusif minggu depan di sini.

Lumix GF3 03

Selain dapat dinikmati oleh fotografer berpengalaman, kamera ini juga dapat dengan mudah digunakan bagi fotografer pemula dengan hadirnya fitur Intelligent Auto Plus (iA Plus). Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur area defocus di latar belakang dengan hanya menggerakkan slider untuk membuat objek foto menonjol secara mengesankan. Fitur ini juga mempermudah pengguna untuk mengunci ke objek foto apapun dan tetap fokus bahkan jika objek tersebut bergerak. Selain itu kompensasi eksposur dan white balance dapat disesuaikan untuk kontrol yang lebih fleksibel dalam mode iA Plus ini. Pada fitur iA Plus ini juga terdapat fungsi Face Recognition dan Intelligent Control D-range.

Fitur iA Plus ini juga memiliki fungsi MEGA OIS yang dapat mencegah gambar blur akibat tangan yang bergoyang saat menekan tombol shutter. Fungsi Intellegent ISO pada fitur iA Plus juga dapat mengurangi blur dan noise dengan menyesuaikan sensivitas ISO ketika memotret. Fitur iA Plus juga dilengkapi dengan funsi Intelligent Scene Selector yang secara otomatis mendeteksi situasi pengambilan gambar seperti Portrait, Night Portrait, Scenery, Night Scenery, Close-up dan Sunset. Selain untuk memotret, fitur iA Plus juga dapat digunakan pada saat merekam video.

Lumix GF3 09

Lumix GF3 dilengkapi dengan layar LCD berukuran 3 inci TFT berkapasitas 460.000 pixel dan panel sentuh (touch panel). Kamera ini rencananya akan dirilis kepasaran pada Agustus 2011 dengan lima pilihan warna yang stylish, yakni hitam, putih, merah, coklat dan merah muda.

Dalam penjualannya, Panasonic akan melengkapi Lumix GF3 dengan paket pilihan lensa. Lumix GF3 yang dilengkapi dengan lensa prime Lumix G 14mm akan dipasarkan dengan harga USD 700. Sedangkan Lumix GF3 dengan lensa zoom Lumix G Vario 14-42mm akan dijual dengan harga USD 600.

Panasonic juga mengumumkan ketersediaan lensa lainnya untuk seri Lumix G Micro System. Lensa prime Leica DG Summilux 22mm rencananya juga akan dirilis ke pasaran pada Agustus 2011 nanti. Lensa ini memiliki aperture ultra-bright F1.4, sehingga mampu mengambil gambar dalam situasi yang minim pencahayaan. Namun belum diumumkan berapa harga dari lensa Leica DG Summilux 22mm ini.

Spesifikasi Panasonic Lumix DMC-GF3
• Type: Digital interchangeable lens system camera
• Imaging Sensor: Live MOS Sensor, 17.3 x 13.0 mm (in 4:3 aspect ratio)
• Effective Picture Resolution: 12.1 megapixels
• Lens mount: Micro Four Thirds mount
• ISO: Auto / Intelligent ISO / 160 / 200 / 400 / 800 / 1600 / 3200 / 6400
• Shutter Speeds: 1/4000 – 60 seconds
• Focus Points: 23 AF Points
• Scene Modes: Portrait / Soft Skin / Scenery / Architecture / Sports / Peripheral Defocus / Flower / Food / Objects / Night Portrait / Night Scenery / Illuminations / Baby 1, 2 / Pet / Party / Sunset
• Still Image Recording Format: JPEG (DCF, Exif 2.3), RAW, MPO (When attaching 3D lens in Micro Four Thirds standard)
• Motion Image Recording Format: AVCHD / QuickTime Motion JPEG
• LCD Type: 3.0” TFT 460K dots with touch panel
• Flash Mode: Auto, Auto / Red-eye Reduction, Forced On, Forced On / Red-eye Reduction, Slow Sync., Slow Sync. / Red-eye Reduction, Forced Off
• HD Output: HDMI? (TypeC mini)
• USB Port: USB2.0 Hi-speed
• Recording Media: SD memory card, SDHC memory card, SDXC memory card
• Video & PhotoTV HD: Yes, with Panasonic VIERA TV with dynamic HD enabled HDMI cable
• Dimensions:107.7 x 67.1 x 32.5 mm (body only)
• Weight: 222g (body only)

Lumix GF3 02
Lumix GF3 04
Lumix GF3 05
Lumix GF3 06
Lumix GF3 07
Lumix GF3 08
Lumix GF3 10
Lumix GF3 11
Lumix GF3 12
Lumix GF3 13

Satu komentar

  1. Padahal bagus yah bentuknya tapi sayang fitur hotshoe nya ilang. Jadi ga mungkin bisa pake flash external yang tentunya berguna banget drpd internal flash. And again kenapa pake touch screen ya pdhl waktu pake GF-2 ga comfy banget touch screennya… Entah apa yang dipikirkan panasonic… GF-3 lebih terlihat kayak kamera pocket dengan kualitas SLR dibandingkan SLR dengan size kamera pocket…

    1. @Steven Lee
      Nilai jual di sini, menurut saya, terletak pada ukuran yang kecil dan sensor yang baru.
      Kalo untuk yang butuh hotshoe, tunggu saja tanggal mainnya ya. :D

Back to top button