Xi3 Chromium PC: Komputer Desktop Berbasis OS Chrome

Tidak lama setelah Google mengumukan laptop pertama mereka berbasis OS Chromium yang dibuat oleh Samsung dan Acer, muncul satu lagi merek yang berminat merilis PC Desktop berbasis OS Chrome. Xi3 Chromium PC berikut merupakan komputer rumah pertama yang menggunakan sistem operasi Google Chrome.

Dengan bentuk yang kecil dalam balutan warna silver metal, desktop pc ini bisa dibilang adalah sebuah pc barebone. Namun hanya saja komputer ini menawarkan beberapa kemudahan berkat desain modular yang digunakannya. Keuntungan dari konsep modular ini adalah, Anda dapat melakukan upgrade komponen ke versi terbaru dengan mudah hanya dengan menukar bagian modul yang ingin diganti.

Xi3 Chromium PC terdiri dari 3 bagian komponen atau modul terpisah yaitu modul prosesor, modul primary I/O dan modul secondary I/O. Pada bagian modul prosesor terdapat RAM dan CPU, sedangkan modul primary I/O terdiri dari berbagai port seperti misalnya port USB. Dan pada bagian ketiga modul secondary I/O terdapat koneksi ethertnet, video dan koneksi listrik.

Xi3 Chromium PC akan mulai dijual pada bulan Juli 2011 di Amerika, dan belum ada bocoran berapa harga resmi dari PC berbasis OS Chrome ini. Mengingat kurangnya sosialisasi OS dari Google tersebut di tanah air, sepertinya komputer ini tidak akan muncul di Indonesia dalam waktu dekat.

Verified by MonsterInsights