Hasselblad H4D-200MS: Kamera Medium Format Premium Beresolusi 200 Megapixel

svg%3E

Penyuka kamera yang mampu menghasilkan foto beresolusi tinggi bakal terpuaskan oleh perangkat ini. Betapa tidak, kamera Hasselblad H4D-200MS ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi 200 megapixel. Woww!!

Kamera medium format terbaru dari Hasselblad ini sejatinya ‘hanya’ memiliki sensor 50 megapixel. Untuk mencapai resolusi besar, sebanyak enam jepretan dikombinasikan. Teknologi multishot yang digunakan Hasselblad H4D-200MS bukanlah mengambil beberapa gambar dan menyambungnya. Sebaliknya, kamera ini bekerja dengan motor piezoelectric yang menggerakkan sensor gambar pada kamera sebelum mengambil setiap foto. Untuk menghasilkan gambar beresolusi 200 megapixel dibutuhkan waktu 30 detik. Penggunaan tripod jelas sangat dibutuhkan ketika menggunakan kamera ini.

Pemilik kamera juga dipastikan harus memakai memory card dengan kapasitas besar. Ini wajar mengingat satu gambar yang dihasilkan oleh Hasselblad H4D-200MS mempunyai ukuran file hingga 600MB! Itu juga yang menjadi alasan mengapa Hasseblad membuat kamera ini dapat dihubungkan dengan hard-drive, selain mendukung kartu memori CompactFlash.

Hasselblad H4D-200MS memiliki rentang pengaturan sensifitas ISO antara 50 hingga 800. Cukup rendah memang jika dibandingkan dengan kamera DSLR kelas atas yang saat ini ada di pasaran. Namun kamera ini memang lebih cocok digunakan bagi pemotretan subyek diam yang membutuhkan detail tinggi, seperti mobil, perhiasan, dan sebagainya..

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur True Focus. Teknologi ini memungkinkan fotografer dapat mengunci fokus suatu objek meskipun posisi kamera berpindah-pindah tempat. Selain itu, juga sudah disematkan fitur Ultra Focus dan Digital Lens Correction.

svg%3E

Hasselblad H4D-200MS pertama kali dipamerkan pada ajang Photokina di Koln, Jerman, tahun 2010 lalu. Rencananya kamera ini akan dirilis ke pasaran pada kuartal ke-3 tahun 2011 ini. Sasaran produk ini di antaranya adalah para perusahaan advertising, yang memang membutuhkan kamera medium format untuk mengabadikan produk-produk klien mereka untuk dijadikan iklan. Dengan resolusi tinggi, tentu foto produk dapat lebih memikat di mata konsumen.

Untuk harga, sudah bisa ditebak jika kamera ini dibandrol dengan sangat mahal. Jika Anda berminat memilikinya, segera siapkan uang USD 45.000 atau sekitar Rp 380 juta. Sebuah harga yang fantastis untuk sebuah kamera.

Spesifikasi Hasselblad H4D-200MS:
• Ultimate H4D camera system
• Multi-shot technology untuk merekam gambar dengan resolusi 200Mpix dan 50Mpix
• Multi-shot and Single-shot capture options
• H4D camera system with 3″ display
• Fully automatic Digital Lens Correction for improved image sharpness and detail
• Ultra-Focus: integral optimization of digital lens performance
• Hasselblad Natural Color Solution
• Integrated CCD cooling sink for lower noise
• Direct ISO/WB control
• Thumbwheel control of digital menus
• GPS accessory option

 

Verified by MonsterInsights