Up-in-the-air: Kulkas Unik yang Bisa Mengambang dan Hemat Ruangan

 

Lemari es atau kulkas adalah peralatan rumah tangga yang hampir pasti dimiliki oleh setiap rumah. Namun sering kali bagi rumah yang kecil atau apartemen yang mungil, penempatan kulkas serasa menghabiskan ruangan di dapur. Inilah yang menjadi dasar pemikiran desainer Zhang Wei dalam menciptakan konsep lemari es mengambang yang dinamakan Up-in-the-air. Kami tidak tahu apakah Zhang Wei termasuk penggemar George Clooney atau sekedar menonton filmnya saja saat memberi nama.

Dalam merancang kulkas ini, ini Zhang Wei awalnya terinspirasi dengan cara tradional masyarakat Cina jaman dahulu yang menyimpan makanan di langit-langit rumah. Metode ini kemudia ia padukan dengan teknologi modern yang sederhana dan ramah lingkungan. Menurut kami, justru konsep ini mirip seperti salah satu atraksi sirkus Cina yang memutar piring di udara.

Lemari pendingin Up-in-the-air ini hadir dalam berbagai ukuran wadah yang difungsikan tanpa memakai daya listrik. Setelah disuntik dengan gas dan lembaran pendinginan, wadah lalu diisi dengan makanan dan ditempatkan di langit-langit ruangan dimanapun Anda inginkan. Dengan suatu sistem kontroler, gas yang disuntikkan ke wadah ini bekerja menyesuaikan dengan gaya gravitasi, sehingga kulkas unik ini selalu tampak mengambang tanpa khawatir untuk jatuh.

Namun minimnya kapasitas penyimpanan wadah menjadi kekurangan dari rancangan ini. Untuk penyimpanan dalam jumlah besar, sang pemakai harus membeli banyak wadah untuk kemudian digantungkan di langit-langit rumah. Meskipun tidak terlalu praktis, kita harus akui bahwa rancangan ini adalah rancangan yang menarik dan tentunya hemat listrik.

 

Verified by MonsterInsights