Samsung Mengembangkan Layar AMOLED Lipat

 

Para peneliti dari Samsung Advanced Institute of Technology di Korea Selatan sedang mengembangkan layar sentuh baru AMOLED yang bisa dilipat. Dalam ilustrasinya, layar tersebut dapat dilipat menjadi 2 bagian dengan sangat mulus. Pihak Samsung mengatakan bahwa penelitian sedang diarahkan untuk menghadirkan kemampuan layar paling fleksibel dalam bentuk portabel. Hal ini bisa memungkinkan untuk produksi ponsel berlayar fleksibel di masa depan. Ponsel dengan layar besar yang membentang tetapi ketika sudah selesai dengan aktifitas yang memerlukan layar besar, pengguna cukup melipat layar AMOLED menjadi ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan memungkinkan produsen untuk memproduksi ponsel dengan layar yang besar, namun dengan ukuran kecil.

Untuk menghadirkan tampilan yang halus, tim peneliti menggunakan dua panel AMOLED, karet silikon, tutup kaca dan casing modular. Prototype yang mereka buat telah dilipat 100.000 kali, kecerahan di tengah layar dimana dua panel bertemu, telah menurun dengan jumlah yang terlalu kecil (sekitar 6%) yang hampir tidak terlihat dengan mata manusia.

Pihak Samsung mengatakan bahwa komersialisasi perangkat dengan layar AMOLED fleksibel yang bisa dilipat tersebut membutuhkan waktu pengembangan sekitar satu sampai dua tahun. Jadi masih harus bersabar untuk bisa menikmatinya.

Sumber : Oled Info

Verified by MonsterInsights