Quantcast
KomputerNewsUltraportable

Plug Computers: Ukuran Mini Hemat Energi

Salah satu model Plug Computers

Perkembangan teknologi internet yang diiringi dengan majunya teknologi nirkabel telah menghasilkan beberapa solusi praktis yang berguna untuk membuat hidup Anda lebih mudah. Salah satunya adalah Plug Computers, sebuah komputer ultra-mini hemat listrik yang hadir dengan konsep sebagai komputer untuk melakukan back-up data.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, berkat software yang telah di install pada Plug Computers, komputer ini tidak hanya digunakan sebagai komputer back-up saja, tapi dapat digunakan sebagai jembatan untuk membangun sebuah jaringan dengan memanfaatkan koneksi Internet.

Walaupun Plug Computers disebut sebagai komputer, Plug Computers hadir tanpa layar, mouse ataupun keyboard. Sebuah Plug Computers hanya terdiri dari satu atau dua port USB, dan sebuah port Gigabit Ethernet yang digunakan untuk akses internet dengan menghubungkannya pada router.

Sebagai ilustrasi, Anda mempunyai sebuah PC, Plug Computers, dan sebuah Smartphone. Di rumah, PC Anda dan Plug Computers terhubung melalui jaringan Internet dan telah berada dalam satu jaringan yang sama. Kemudian Anda yang sedang berada di jalan lupa untuk membawa beberapa data file penting yang ada di PC rumah. Bagaimana solusinya? Mudah saja, karena telah menggunakan Plug Computers, cukup hubungkan perangkat smartphone ke Internet, lalu kemudian Anda tinggal mengakses alamat jaringan tempat Plug Computers dan PC rumah berada. Dengan cara itu, Anda dapat mengakses data yang ada di PC rumah, dan kemudian menyimpannya ke dalam smartphone.

Selain dapat digunakan untuk mengakses data dan berbagi file, Plug Computers dapat juga dimanfaatkan untuk berbagi printer dengan komputer lain. Caranya, Anda hanya perlu menghubungkan printer ke Plug Computers melalui port USB yang telah disediakan, lalu Anda dapat menggunakan printer tersebut dimanapun asalkan komputer Anda dan Plug Computers terhubung dalam satu jaringan yang sama. Tidak hanya sebatas itu, Anda juga dapat melakukan online streaming file multimedia seperti file musik atau video dengan memanfaatkan Plug Computers ini.

Pada dasarnya secara sekilas prinsip kerja Plug Computers serupa dengan komputer server, namun Plug Computers hadir dengan bentuk dan kapasitas ruang penyimpanan yang jauh lebih kecil dan hemat listrik. Jadi tidak masalah jika digunakan selama 24 jam karena konsumsi listriknya yang amat irit. Di Indonesia sendiri kehadiran Plug Computers memang masih jarang ditemukan. Dukungan koneksi internet di Indonesia yang kurang mumpuni juga menjadi salah satu faktor penentu kurang dikenalnya Plug Computers ini. Anda berminat?

Back to top button