XL Tunai, Transaksi Pembayaran Langsung dari Ponsel

Seiring dengan terus tumbuhnya kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan yang dapat mempermudah transaksi kapanpun dan di manapun, XL mengenalkan layanan E-Money yaitu XL Tunai. Senior VP Corporate Strategy Business Development XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “XL Tunai adalah layanan e-money dari XL yang akan memudahkan pelanggan XL dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Layanan ini sekaligus telah memperkaya manfaat dari layanan seluler XL bagi pelanggan dan masyarakat. Kami berharap, tidak lama lagi pelanggan XL akan bisa melakukan transaksi apapun secara mudah, cukup melalui ponselnya.”

Dengan XL Tunai, Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran untuk belanja ataupun tagihan mereka dari biller/merchant yang telah bergabung dalam XL Tunai. Selain itu Anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran langsung di took, maupun pembayaran secara remote (jarak jauh), seperti telemarketing atau web, melakukan pembayaran tagihan, bahkan juga pembelian tiket ataupun voucher/token.

Anda dapat memanfaatkan layanan XL Tunai melalui ponsel dengan cara ketik *123*120# lalu tekan YES Selanjutnya pelanggan bisa memilih batas maksimum rekening (akun) dengan nilai Rp 1 juta maupun Rp 5 juta. Setelah melakukan pendaftaran, pelanggan dapat mengakses kembali *123*120# untuk masuk ke menu transaksi. Pada menu tersebut, pelanggan dapat memilih jenis pembayaran yang sesuai.

Kehadiran XL Tunai membuat transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, aman, cepat dan murah. Mudah karena semua jenis transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah mendorong lahirnya berbagai layanan digital yang semakin mempermudah aktivitas masyarakat. Seiring dengan terus tumbuhnya kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan yang dapat mempermudah transaksi kapanpun dan di manapun, XL mengenalkan layanan E-Money yaitu XL Tunai.

Senior VP Corporate Strategy Business Development XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “XL Tunai adalah layanan e-money dari XL yang akan memudahkan pelanggan XL dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Layanan ini sekaligus telah memperkaya manfaat dari layanan seluler XL bagi pelanggan dan masyarakat. Kami berharap, tidak lama lagi pelanggan XL akan bisa melakukan transaksi apapun secara mudah, cukup melalui ponselnya.”

svg%3E

Nicanor menambahkan, XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Sistem ini akan meningkatkan keamanan transaksi pelanggan, yaitu adanya nomor PIN untuk otorisasi transaksi, jika ponsel hilang uang tetap dapat digunakan lagi dengan aman. Untuk menjamin keamanan pelanggan atas nilai uang yang ada pada server XL, maka dalam melakukan pengisian data pribadi saat registrasi, pelanggan harus memasukkan data valid sesuai KTP atau kartu identitas yang berlaku. Dengan demikian, apabila ponsel hilang atau rekening akan ditutup, pelanggan akan dapat menarik kembali uang yang dimilikinya.

Pelanggan dapat memanfaatkan layanan XL Tunai melalui ponsel dengan cara ketik *123*120# lalu tekan YES Selanjutnya pelanggan bisa memilih batas maksimum rekening (akun) dengan nilai Rp 1 juta maupun Rp 5 juta. Setelah melakukan pendaftaran, pelanggan dapat mengakses kembali *123*120# untuk masuk ke menu transaksi. Pada menu tersebut, pelanggan dapat memilih jenis pembayaran yang sesuai.

Melalui layanan ini pelanggan akan bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran untuk belanja ataupun tagihan mereka dari biller/merchant yang telah bergabung dalam XL Tunai. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi pembayaran langsung di took, maupun pembayaran secara remote (jarak jauh), seperti telemarketing atau web, melakukan pembayaran tagihan, bahkan juga pembelian tiket ataupun voucher/token.

Dengan menggunakan XL Tunai, transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, aman, cepat dan murah. Mudah karena semua jenis transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel. Aman karena tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana dan dibekali dengan PIN untuk otorisasi; Cepat, karena tidak perlu antri lagi untuk melakukan pembayaran tagihan dan maupun menunggu uang kembalian; Murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan, termasuk pembayaran jarak jauh.

Pada mayoritas transaksi pemakaian, XL tidak mengenakan tarif. XL hanya akan mengenakan tarif untuk layanan-layanan yang memang selama ini melakukan pentarifan kepada pelanggannya, seperti tagihan instansi penyedia layanan umum.

Saat ini XL terus melakukan pengembangan layanan ini dengan memperluas jaringan merchant potensial, baik lokal maupun nasional. XL berharap dalam waktu dekat semakin banyak dan luas merchant-merchant yang dapat menerima pembayaran menggunakan fasilitas XL Tunai. Tidak lupa, XL juga berencana menggandeng instansi penyedia layanan umum agar semakin luas pelanggan dan masyarakat yang bisa memanfaatkan layanan ini. XL membuka seluas-luasnya kesempatan bagi merchant yang ingin bergabung dalam jaringan XL Tunai.

Berkaitan dengan layanan untuk keuangan, sebelumnya XL juga telah memiliki ayanan Transfer
Instan yang memungkinkan pelanggan XL menerima kiriman dana dari luar negeri melalui bank yang ditunjuk secara lebih mudah, simple, dan aman.

Verified by MonsterInsights